Assad- SanaDamaskus, LiputanIslam.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad menuding Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai pendukung terorisme dan bertindak sesuai rencana dan selera “para juragannya”.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita resmi Suriah, SANA, hal itu dikemukakan Assad ketika menerima rombongan delegasi Turki yang terdiri atas para tokoh partai, aktivis, ekonom dan bahkan sejumlah figur militer.

“Pertemuan ini menunjukkan hubungan yang sesungguhnya antara kedua negara, yaitu hubungan yang diciptakan oleh rakyat, bukan oleh pemerintah yang telah mengambil kebijakan-kebijakan politik yang menyalahi kepentingan rakyatnya. Proses yang dijalankan Erdogan dalam mendukung para teroris dan para ekstrimis takfiri adalah demi memuaskan para juragannya dan untuk melicinkan agenda-agenda mereka.”

Dia menambahkan, “Perang melawan terorisme bukan semata-mata perjuangan dengan mengangkat senjata terhadap para teroris, melainkan juga perlu berupa tekanan rakyat terhadap pemerintah supaya berhenti mendukung terorisme.”

Presiden Suriah juga mengingatkan bahwa penumpasan terorisme memerlukan kerjasama kongkret antarnegara.

Di pihak lain, delegasi Turki dalam pertemuan itu mengapresiasi keteguhan Suriah dalam melawan gelombang terorisme. Mereka menilai resistensi Suriah tersebut sebagai perlawanan besar terhadap agenda-agenda berbagai pihak lain untuk memecah belah kawasan.

Mereka juga menegaskan bahwa mayoritas rakyat Turki masih konsisten kepada semangat hubungan persaudaraan dengan rakyat Suriah serta menolak keterlibatan Erdogan dalam praktik dukung mendukung terorisme. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*