Damaskus, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar Assad dalam pertemuan dengan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammad Bagheri di Damaskus, ibu kota Suriah, Kamis (19/10/2017), menyatakan kekalahan kawanan teroris di Suriah merupakan “pukulan telak” bagi proyek Barat namun sebagian negara masih menyokong kelompok-kelompok teroris di Suriah dan kawasan secara umum.

“Rakyat dan angkatan bersenjata Iran merupakan mitra utama dalam kemenangan yang terwujud atas ISIS di Suriah,”lanjutnya.

Sehari sebelumnya, Mayjen Bagheri dalam kunjungannya ke Suriah menegaskan Iran tidak akan menerima pelanggaran Israel terhadap Suriah.

“Pelanggaran Rezim Zionis (Israel) d Suriah kapanpun tidak bisa diterima,” tegas Bagheri yang datang ke Suriah atas undangan resmi sejawatnya di Suriah, Letjen Ali Ayoub.

Dalam konferensi pers bersama dengan Ayoub, Rabu, Bagheri juga mengumumkan kebijakan baru negaranya untuk memperkuat kerjasama militer dengan Suriah.

“Saya berada di ibu kota Suriah untuk berkoordinasi dan bekerja sama untuk melawan musuh bersama kita – apakah mereka Zionis atau teroris. Kami membahas cara untuk memperkuat hubungan di masa depan dan menggariskan prinsip dasar kerja sama ini” paparnya.

Di pihak lain, Ayoub mengatakan, “Kami mengadakan pembicaraan ekstensif yang mencakup penilaian menyeluruh atas semua perkembangan saat ini, dan kami membahas secara rinci hubungan yang mengikat tentara kami dan keinginan bersama untuk meningkatkan hubungan ini.”

Dia menegaskan bahwa proyek teroris takfiri “akan berakhir, dan perang melawan terorisme akan berkelanjutan sampai dapat membasminya secara total, dan memulihkan keamanan dan stabilitas ke semua wilayah Republik Arab Suriah.”

Ayoub kemudian menuduh AS mencoba menghalangi kemajuan operasi penumpasan terorisme dengan menggerakkan kelompok-kelompok teroris agarmenyerang pasukan Suriah.

Mengenai masuknya pasukan Turki ke provinsi Idlib, Suriah, dia menilainya sebagai pelanggaran terhadap Perjanjian Astna.

“Kami memiliki semua hak untuk menanggapi serangan ini,” pungkasnya. (mm/rayalyoum/asharqalawsat)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL