Foto: Press TV

Foto: Press TV

Baghdad, LiputanIslam.com – Pemimpin kelompok teroris takfiri ISIS dilaporkan terluka sementara tiga petinggi ISIS lainnya tewas akibat serangan jet tempur Irak terhadap konvoi dan sebuah tempat pertemuan ISIS di provinsi Anbar, Irak.

“Berdasarkan informasi yang telah sampai, ketua bidang propaganda ISIS, al-Sishani, dan salah seorang petinggi ISIS yang bernama Abu Said al-Karbuli tewas akibat serangan udara ini,” ungkap seorang narasumber kepada IRNA, Minggu malam (12/10).

Selain dua orang itu, kordinator bidang keamanan lintas perbatasan ISIS Abu Anis al-Suri dan kepala bidang keuangan ISIS Umar al-Kubaisi juga tewas di kawasan Albu Kamal, Suriah, sedangkan al-Baghdadi menderita luka berat.

Serangan udara itu dilancarkan setelah pasukan Irak mendapatkan laporan intelijen mengenai adanya pertemuan al-Baghdadi dengan para petinggi ISIS lainnya di kawasan Karabila, kota al-Qaim, dan tepat di titik perbatasan yang berhadapan dengan daerah Albu Kamal, Suriah.

Kementerian Pertahanan (Kemhan), Komando Operasi Bersama dan Kementerian Dalam Negeri Irak menyatakan tim intelijen al-Saqur yang bernaung di bawah Kemhan Irak berhasil menyerang al-Baghdadi dan gerombolannya setelah mendapatkan informasi akurat dan kemudian bekerjasama dengan Komando Operasi Gabungan dan Angkatan Udara Irak.

Tidak ada keterangan mengenai nasib al-Baghdadi, namun dia dipastikan menderita luka parah.

Berdasarkan keterangan sumber-sumber rumah sakit, Reuters melaporkan al-Baghdadi tidak ada di antara orang-orang yang terbunuh akibat serangan jet tempur Irak tersebut.

Para simpatisan ISIS di halaman Twitter masing-masing menyatakan kalaupun al-Baghdadi tewas kekhalifahan ISIS tetap akan berlanjut.

Laporan lain dari al-Youm7 menyebutkan telah terjadi pertempuran sengit antara pasukan Kurdi Irak, Peshmerga, dan ISIS di tenggara Mosul hingga jatuh 14 korban tewas di pihak Peshmerga dan 20 korban tewas di pihak ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL