kamp yarmouk suriah2Damaskus, LiputanIslam.com – Kelompok-kelompok Palestina didukung tentara Suriah dan milisi Pasukan Pertahanan Nasional Suriah terus menggempur kawanan teroris ISIS di kamp Yarmouk di selatan Damaskus, ibu kota Suriah.

Alalam Minggu (12/4) melaporkan pasukan Suriah-Palestina itu berhasil merebut kembali dari tangan ISIS beberapa kawasan di sepanjang Jalan Palestina dan Jalan Fouad Hijazi di kamp tersebut.

Mereka bergerak maju di Jalan Palestina setelah menguasai kawasan Harah al-Rajulah dan Shalah al-Saadah yang membentang dari Jalan Palestina ke jalan protokol Yarmouk serta menguasai jalan Fouad Hijazi yang membentang ke arah Masjid Jami’ Salahuddin.

Abu Imad yang memimpin Pasukan “Halilintar” (al-Sha’iqah) Palestina di kamp Yarmouk kepada TV Alalam mengatakan, “Dengan dukungan pasukan Arab Suriah telah terjadi pergerakan maju ke tempat di mana kami sekarang berada. Komplotan teroris takfiri berhasil ditekan ke dalam (pusat) kamp, namun mereka mundur sambil menghancurkan sekolah-sekolah UNRAWA (Lembaga Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina) dan bangunan-bangunan permukiman. Kami siap untuk maju lebih jauh hingga ke dalam.”

Dia menjelaskan bahwa pasukan anti ISIS itu terbagi ini menerapkan taktik militer baru dengan terpecah menjadi beberapa bagian agar setiap bagian dapat mencapai tujuan masing-masing secara terpisah dari yang lain, dan ini diterapkan sesuai dengan metode “penggigitan secara bertahap dan penguatan titik-titik terdepan.”

“Kawanan teroris ISIS sudah terdesak mundur. Yang tersisa pada mereka hanyalah ideologi pemenggalan kepala. Mereka mundur ke dalam kamp, dan sekarang para pejuang Pertahanan Nasional (Suriah) dan komite-komite Palestina terus bergerak maju ke kedalaman kamp.”

Sorotan kamera reporter Alalam juga turut bergerak maju mengikuti pergerakan para pejuang Palestina yang bertempur melalui jalan-jalan sempit dan bangunan-bangunan yang hancur.

Menurut Alalam, semangat juang para petempur Palestina terus meningkat setelah berhasil meraih kemajuan dan dapat mengatasi berbagai kendala yang dipasang oleh kawanan teroris ISIS.

Seperti diketahui, ISIS melancarkan serangan ke kamp pengungsi Yarmouk sejak 1 April lalu dan kemudian berhasil menguasai sebagian besar kawasan, namun kelompok-kelompok pejuang Palestina tetap bertahan melawan mereka sehingga kemudian mendapat bantuan dari pasukan Suriah.

PBB menyatakan hampir 18,000 warga sipil, termasuk sejumlah besar anak kecil, terjebak di sana dalam kondisi mengenaskan. Namun pemerintah Suriah menyatakan bahwa sebagian warga sudah berhasil dievakuasi ke tempat aman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL