London, LiputanIslam.com –  Sebuah kapal destroyer milik Amerika Serikat (AS) telah memberikan tembakan peringatan terhadap kapal perang Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) yang datang mendekati kapal AS tersebut di Teluk Persia.  Demikian dikatakan oleh pejabat AS, Rabu (26/4/2017).

Peristiwa ini terjadi Senin lalu (24/4/2017), dan tercatat sebagai ketegangan terbaru antar kapal perang kedua negara.

Jubir  Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain, Letnan Ian McConnaughey, mengatakan bahwa kapal IRGC berusaha mendekati  USS Mahan meskipun kapal destroyer ini sudah berputar haluan menghindari kapal IRGC.

Dia mengatakan kepada AP, “Mahan melakukan beberapa upaya untuk menghubungi kapal Iran itu melalui radio bridge-to-bridge, mengeluarkan pesan peringatan, dan dua kali membunyikan sinyal bahaya yang diakui secara internasional dari lima ledakan singkat dengan peluit kapal, serta menyebar suar sebagai keputusan terhadap kapal Iran tersebut.”

Dia menjelaskan bahwa kapal Iran itu berada dalam jarak 1.000 meter dari USS Mahan selama insiden tersebut. USS Mahan kemudian berbalik dan menjauhi kapal IRGC.

Otoritas Iran tidak segera melaporkan kejadian tersebut, namun Menlu Iran Mohammad Javad Zarif  Rabu kemarin menulis pernyataan yang tampak terkait dengan peristiwa itu.

“Breaking: Angkatan Laut kami beroperasi  di- Teluk Persia, ya benar, bukan Teluk Meksiko. Pertanyaannya adalah apa yang dilakukan Angkatan Laut AS di 7.500 mil dari rumah, ” cuitnya, sembari melampirkan peta yang menunjukkan jarak antara dua kapal tersebut.

Peristiwa demikian antara AL Iran dan AL AS bukan baru pertama kalinya terjadi di Teluk Persia, melainkan berulang kali terjadi, dan yang terbaru di antaranya tembakan peringatan USS Mahan terhadap kapal perang Iran di Selat Hormuz pada Januari lalu. (mm/guardian/mehr)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL