tiga tentara saudi tewasSanaa, LiputanIslam.com –  Sedikitnya tiga lagi tentara Arab Saudi tewas terkena serangan balasan pasukan Yaman di kawasan Asir di bagian barat daya Saudi setelah sebelumnya Saudi melancarkan serangkaian serangan udara terhadap Yaman.

Seperti dilansir Press TV, juru bicara militer Saudi Mohammad al-Amri di halaman Twitternya menyebutkan tiga tentara Saudi itu tewas pada Rabu (10/2) di kota kecil al-Raboah yang jatuh ke tangan pasukan Yaman pada awal pekan ini.

Selasa lalu (9/2) tentara Saudi lainnya juga terbunuh oleh gempuran pasukan Yaman di provinsi Jizan, Saudi.

Sementara itu, portal berita Yemeni Press menyebutkan bahwa serangan rudal Qahir 1 oleh pasukan Yaman terhadap pangkalan udara militer Jizan telah menjatuhkan korban tewas dan luka dalam jumlah sedemikian besar sehingga rumah sakit umum Jizan hanya dapat menampung sebagian korban.

Menurut Yemeni Press, peristiwa itu segera memaksa Menteri Pertahanan Saudi Mohammad bin Salman untuk datang lokasi guna mengendalikan situasi,menaikkan mental pasukannya, dan meninjau para korban di rumah sakit.

Disebutkan pula bahwa pasukan Yaman sudah tiga kali ini melesatkan rudal-rudal balistiknya ke bandara militer Yaman, tapi baru sekarang tepat mengena sasaran.

Pangkalan udara itu sendiri semula adalah bandara sipil, tapi kemudian digunakan oleh militer Saudi sebagai pangkalan untuk melancarkan serangan udara terhadap Yaman selama Saudi dan beberapa negara sekutunya melancarkan agresinya ke Yaman dengan sandi “Badai Mematikan” yang sudah berlangsung hampir satu tahun.

Saudi menyerang Yaman dengan dalih memulihkan pemerintahan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansuor Hadi yang tersingkir oleh revolusi rakyat yang dimotori oleh gerakan Ansarullah (Houthi).

Saudi bersumpah untuk menumpas Ansarullah yang didukung oleh militer Yaman, tapi sampai sekarang serangan itu hanya menghasilkan tewasnya 8,300 orang yang lebih dari 2,236 di antaranya adalah anak kecil serta terlukanya lebih dari 16,000 orang, sementara pasukan militer Yaman dan milisi Ansarullah tetap tangguh bertahan dan menyerang.

Serangan Saudi  dan sekutunya juga telah menimbulkan kerugian materi pada Yaman dalam jumlah yang sangat besar berupa kehancuran fasilitas infrastruktur, rumah sakit, sekolah dan pabrik. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL