Teheran, LiputanIslam.com –  Menlu Turki Mevlut Chavusoglu menyebut hubungan negaranya dengan Iran sangat bersahabat, dan Ankara tak akan melupakan dukungan Iran kepada Turki. Hal ini dia nyatakan setelah pemerintah Iran melontarkan kecaman keras terhadap tudingan Ankara terhadap Teheran.

“Kami tidak akan pernah melupakan dukungan pemerintah dan rakyat Iran kepada Turki dalam peristiwa kudeta gagal yang terjadi pada 15 Juli silam,” katanya kepada IRNA, Rabu (1/3/2017).

Dia menambahkan, “Iran dan Turki memiliki pandangan-pandangan yang sama dan berdekatan dalam berbagai persoalan, dan kedua negara ini perlu meningkatkan perundingan dan dialog untuk memperkuat hubungan dan mencegah kesalahfahaman.”

Belum lama ini Menlu Iran Mohammad Javad Zarif menyebut Turki negara jiran yang lemah daya ingatnya.

“Anda melihat kelakuan Turki? Kami prihatin terhadap mereka, tapi tampaknya daya ingat teman-teman kami ini lemah. Mereka menuduh Iran sektarian, tapi mereka lupa bahwa kami tidak bisa tidur hingga pagi saat mereka dikudeta, walau mereka bukan Syiah. Mereka pelupa dan sekaligus tidak tahu balas budi.”,” katanya dalam menyindir Turki.

(Baca: Zarif: Turki Tetangga Pelupa dan Tak Tahu Balas Budi)

Kemlu Iran belakangan juga memanggul Dubes Turki untuk Iran di Teheran …. untuk menyampaikan nota protesnya terhadap “pernyataan tak konstruktif Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Menlu Turki Mevlut Chavusoglu.”

(Baca: Dituduh Sektarian dan Pengacau, Iran Ingatkan Turki “Kesabaran Ada Batasnya” )

Dalam kunjungan ke Bahrain, Erdogan mengatakan, “Iran berusaha memecah belah Irak dan Suriah serta melakukan tindakan-tindakan yang bertolak dari sektarianisme.”

(Baca: Kemlu Irak Bantah Tuduhan Turki Terhadap Iran)

Senada dengan ini, Chavusoglu dalam pidatonya pada Konferensi Keamanan Munich, Jerman, mengatakan, “Peranan Iran di Timteng telah menggoyang stabilitas, terutama karena Teheran berusaha menyebar luaskan Syah di Suriah dan Irak.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL