suriah-deir-fouratBeirut, LiputanIslam.com –  Komandan operasi pasukan sekutu Suriah mengingatkan pasukan Turki agar tidak mencoba bergerak maju atas nama “Perisai al-Furat” (Dara’ al-Furat/al-Furat Shield) dan lain-lain mendekati garis pertahanan sekutu Suriah di utara dan timur Aleppo, karena pasukan sekutu Suriah menindak tegas mereka.

Pasukan sekutu Suriah menegaskan bahwa mendekati garis pertahanan itu akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap “garis merah” sehingga akan direaksi dengan sangat tegas.

Situasi di Suriah utara semakin meradang ketika Turki menggerakkan pasukan pendukungnya untuk mendekati kota al-Bab sebelum kemudian mencapai daerah-daerah kontak dengan pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya.

Pasukan Perisai al-Furat pada Rabu pagi kemarin segera mundur dari sejumlah daerah yang mereka datangi belakangan ini di bagian utara provinsi Aleppo. Selain itu, kawanan teroris ISIS juga terusir dari sana setelah beberapa anggotanya tewas digempur serangan udara pasukan Suriah. Peristiwa ini terjadi bersamaan dengan pertempuran ISIS dengan Pasukan Demokrasi Suriah dan lain-lain di beberapa titik kawasan tersebut.

Dalam rapat Dewan Keamanan PBB mengenai situasi Aleppo, utusan Suriah di PBB Bashar al-Jafaari menegaskan bahwa negaranya didera terorisme Wahabi, Turki dan AS. Dia juga menyoal mengapa konvoi ISIS yang kabur dari Mosul ke Raqqah tidak diserang oleh pasukan koalisi pimpinan AS.

Sementeri itu, Menhan Amerika Serikat Ash Carter dan sejawatnya dari Inggris Michael Fallon di Brussel, Belgia, menyatakan bahwa serangan untuk pembebasan kota Raqqah, Suriah, dari tangan ISIS akan dimulai pada “beberapa minggu mendatang.”

Pernyataan ini dikemukakan ketika operasi pembebasan Mosul di Irak utara memasuki hari ke-10.

Dalam kunjungannya ke wilayah Kurdistan Irak Minggu lalu, Carter mengatakan bahwa operasi pembebasan Raqqah harus dilakukan bersamaan dengan operasi pembebasan Mosul. (mm/raialyoum/alalam/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL