bendera isis dibalikBaghdad, LiputanIslam.com – Komisi Keamanan Dewan Provinsi Diyala mengumumkan bahwa tiga lapis pertahanan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) jebol diamuk pasukan Irak di poros Diyala – Salahuddin.

“Pasukan keamanan yang terdiri atas polisi dan tentara yang didukung 3000 personil relawan al-Hasyd al-Syakbi dari kalangan penduduk Diyala berhasil menerjang tiga garis terpenting pertahanan ISIS di kawasan sekitar desa-desa Albu Riyash, Albu Isa dan Albu Thalhah di kawasan perbatasan Salahuddin yang dikenal dengan sebutan poros Diyala-Salahuddin, setelah terjadi pertempuran sengit yang menewaskan puluhan anggota ISIS,” papar Kepala Komisi Keamanan Dewan Provinsi Diyala Sadeq al-Husseini, kepada al-Sumaria News, Selasa (3/3/2015).

Dia menambahkan, “Garis-garis pertahanan itu hancur secara total, dan puluhan anggota ISIS kabur ke kawasan Hamrain…. pasukan keamanan gabungan yang didukung al-Hasd al-Syakbi telah tiba di perbatasan Hamrain dan sudah siap melakukan serbuan ke sana dalam beberapa jam mendatang melalui tiga poros utama.”

Dia menjelaskan bahwa setelah menuntaskan pertempuran di Hamrain nanti dan setelah datang bantuan pasukan dari Tuz Khurmato, pasukan keamanan terus beroperasi untuk mencapai kawasan al-Alam untuk kemudian masuk ke kedalaman Tikrit dari arah barat dan utara.

Seperti diketahui, sejak beberapa hari lalu tentara dan pasukan keamanan serta relawan Irak mulai menggelar operasi militer besar-besar untuk membebaskan Tikrit dan provinsi Salahuddin secara keseluruhan dari tangan ISIS. Mereka bergerak dari lima arah menuju kawasan Daur, al-Alam dan Tikrit. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*