serangan udara irakBaghdad, LiputanIslam.com – Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah memasang bahan peledak dan menggali parit di sekitar Tikrit, ibu kota provinsi Salahuddin, Irak, sementara di kota Qaim angkatan udara sukses menghancurkan tempat perkumpulan para komandan ISIS hingga menewaskan lebih dari 40 orang di antara mereka.

Seorang pejabat kemanan Irak Jumat (27/2/2015) mengatakan kepada al-Baghdadia News, “ISIS telah memasang banyak bom, beberapa tanker dan kendaraan serta pasukan bom bunuh dirinya untuk menghadapi operasi pembebasan Tikrit.”

Dia menambahkan bahwa pasukan teroris itu juga telah menggali parit besar di sekitar Tikrit serta memagarinya dengan bahan-bahan peledak dari empat arah.

Para pejabat Irak belakangan ini menyatakan bahwa pasukan dan relawan Irak sudah menggalang persiapan untuk operasi besar pembebasan kawasan-kawasan yang dikuasai ISIS di Irak.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak merilis penggalan video operasi khusus serangan angkatan udara Irak terhadap posisi-posisi ISIS di kota Qaim yang terletak di perbatasan negara ini dengan Suriah. Disebutkan bahwa puluhan komandan ISIS tewas diterjang serangan tersebut.

Kemhan Irak menyatakan, “Bertolak dari informasi intelijen akurat yang masuk, beberapa jet tempur pasukan udara gagah berani pada hari Rabu 25 Februari pukul 23.25 berhasil melancarkan serangan terhadap salah satu sarang teroris ISIS yang menjadi tempat perkumpulan para komandan mereka di kota Qaim – Mahmudiyah hingga menewaskan mereka. Video ini memperlihatkan kekuatan angkatan udara gagah berani kita ketika menghancurkan sarang-sarang kejahatan.”

Pihak intelijen Irak merilis statemen yang menyebutkan beberapa nama komandan ISIS yang tewas dalam peristiwa itu. Disebutkan bahwa berdasarkan informasi intelijen yang masuk, serangan itu menewaskan lebih dari 40 komandan ISIS, di antaranya Abu Talhah al-Suri, Abu Abdullah al-Ani, Millah Humaidi al-Jughaifi, Ahmad Mashhan al-Salmani, Abu Umar al-Shishani, dan Abu Hammam al-Libi dengan jabatan masing-masing sebagai kepala kepolisian ISIS wilayah al-Furat, kepala dewan syariat ISIS wilayah al-Furat, kepala urusan suku-suku Anbar, kepala keamanan wilayah al-Furat, salah satu komandan lapangan, dan komandan Tanzim Khurasan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL