demo anti saudi di yamanBeirut, LiputanIslam.com – Dewan Tinggi Rakyat telah dibentuk di Yaman dengan tujuan memobilisasi rakyat negara ini dalam melawan agresi negara jirannya, Arab Saudi, dan mulai menyelenggarakan sidang perdananya Rabu (6/5).

Tentang ini laman berita al-Manar yang berbasis di Lebanon  menyebutkan bahwa sebuah komisi juga dibentuk dengan tugas mengoperasikan komisi-komisi politik, pertolongan, keuangan serta komisi-komisi cabang di semua wilayah dan provinsi. Komisi-komisi itu antara lain mengemban misi menyatukan dan memperkuat front dalam negeri dengan tujuan memobilisasi rakyat untuk melawan Saudi, melanjutkan komunikasi dan dialog antara semua elemen serta mendukung kelompok-kelompok pejuang dari segi militer, keuangan dan mental.

Dewan Tinggi Rakyat Yaman menegaskan bahwa mobilisasi rakyat dibentuk untuk menempuh langkah besar dalam proses pembentukan front nasional yang akan melibatkan semua elemen masyarakat, termasuk partai politik, asosiasi pengusaha, ormas, lembaga-lembaga sipil, para tokoh adat, akademisi dan sarjana hukum.

Nama ketua dewan ini akan diumumkan setelah dicapai kesepakatan, namun wakil ketua I sudah ditentukan, yaitu Abdullah Baydar, sedangkan wakil ketua II adalah Abdul Malik al-Hajri, wakil partai-partai revolusioner Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL