الأمن القومي التركي يبحث التدخل العسكري في سورياAnkara, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu menyatakan Dewan Keamanan Nasional Turki (MGK) dijadwalkan membahas soal kemungkinan intervensi militer Turki di Suriahnya dalam rapat yang berlangsung Senin (29/6).

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu dan dikutip Hurriyet Daily News, dalam siaran persnya pada Minggu (28/6) dia mengatakan bahwa keterangan yang memadai tentang ini akan disampaikan usai rapat.

“Kami ada rapat MGK besok, kami akan membuat pengumuman yang diperlukan setelah itu,” katanya.

Hal ini dia nyatakan sebagai tanggapan atas laporan berbagai media Turki bahwa negara ini merencanakan operasi militer di dalam wilayah Suriah.

Harian Yeni Safak sebelumnya mengabarkan bahwa tentara Turki sedang mempersiapkan diri untuk mengerahkan 18000 personilnya di wilayah utara Suriah sedalam 33 km dari garis perbatasan sepanjang 110 km dengan dalih demi menggagalkan rencana Partai Uni Demokrasi Kurdi (PYD) mendirikan negara Kurdi di wilayah utara Suriah.

Sedangkan Hurriyet Daily News melaporkan bahwa pemerintah Turki menginginkan adanya aksi militer secara lebih aktif untuk menyokong kelompok oposisi Suriah, Pasukan Kebebasan Suriah (FSA), melawan pasukan pemerintah Suriah sekaligus pasukan Kurdi dan pasukan “Jihadis” di wilayah Suriah, namun pihak militer Turki masih enggan untuk melakukannya karena masih menantikan hasil proses terbentuknya koalisi baru pemerintah Turki. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL