Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa demo tandingan dengan skala akbar yang melanda berbagai kota dan daerah di negara ini, Rabu (3/1/2018), membuktikan bahwa rakyat Iran tetap eksis di lapangan untuk melawan para perusuh dan pengacau keamanan negara.

Hal ini dia katakan dalam kontak telefon dengan sejawatnya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, Rabu. Dalam komunikasi ini Rouhani menyatakan keyakinannya bahwa keamanan dan stabilitas tetap terpelihara di Iran/

“Partisipasi massa dalam jumlah besar dalam menghadapi para perusuh telah menambahkan dukungan bagi keamanan dan ketentraman negara,” ujarnya.

Menanggapi pernyataan Erdogan bahwa media Barat dan Zionis berperan di balik kerusuhan di berbagai negara, termasuk Iran, Rouhani menegaskan bahwa kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota di Iran skalanya terbatas, dan aparat dapat mengendalikan keamanan dan stabilitas, apalagi rakyat juga terjun ke lapangan untuk melawan para penebar kerusuhan.

Presiden Iran kemudian menjelaskan bahwa rakyat Iran menikmati kebebasan dalam menyampaikan pendapat dan protes sesuai undang-undang.

“Tak syak lagi bahwa keamanan dan ketentraman masyarakat sangatlah penting, dan dalam konteks ini kami tidak akan bungkam di depan aksi-aksi kekerasan dan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang-orang bejat,” lanjutnya.

Demonstrasi tandingan dalam skala besar telah melanda banyak kota dan daerah di Iran, Rabu, sebagai reaksi atas demo-demo lain dengan massa yang relatif kecil namun berubah menjadi kerusuhan yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

Sementara itu, kepala kepolisian Iran Hossein Ashtari memastikan pihaknya dapat mengendalikan aksi para perusuh yang berasal dari kelompok-kelompok kontra revolusi Islam sehingga situasi kembali stabil. Dia optimis bahwa kalaupun aksi protes masih akan terjadi lagi maka skalanya akan menurun drastis.  (mm/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*