syria-homsHoms, LiputanIslam.com – Pasukan pemerintah Suriah (SAA) dan berbagai kelompok militan pemberontak sepakat menerapkan gencatan di pusat kota Homs demi pengiriman bantuan kemanusiaan ke beberapa area yang dikuasai militan.

Lembaga Pengawas Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah Jumat (2/5/2014) melaporkan, sesuai kesepakatan itu kelompok-kelompok militan menarik diri dari beberapa distrik yang mereka duduki di Homs. Beberapa area itu kemudian dikendalikan sepenuhnya oleh SAA.
Tanpa memberikan laporan lebih lanjut, lembaga yang berbasis di London, Inggris, itu menyebutkan kesepakatan gencatan senjata itu hanya berlaku 1×24 jam. Sedang pihak pemerintah Suriah tidak memberikan komentar apapun.

Dalam pembicaraan yang disponsori Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) antara pemerintah Suriah dan perwakilan oposisi di Swiss Januari lalu, mediator internasional Lakhdar Brahimi menjamin keamanan kepergian 1,400 penduduk dari beberapa area di Kota Tua Homs yang dikuasai militan dan dikepung oleh SAA. Namun demikian, masih terdapat penduduk yang tertahan dan terjebak di dalam kota yang menjadi pusat pemberontakan tersebut.

Kelompok-kelompok militan menguasai beberapa area dan menjadikan penduduk setempat yang terperangkap sebagai perisai demi mencegah gerak maju SAA. Akibatnya, tidak ada pilihan bagi SAA kecuali menahan diri sambil membatasi akses menuju kota tersebut.
Menurut pemerintah Suriah, pihaknya sudah berusaha maksimal untuk mengirim bantuan kemanusiaan, tetapi di jalan malah diserang oleh kelompok-kelompok militan.

Suriah terdera perang sejak Maret 2011, yaitu sejak aksi protes pro-reformasi berubah menjadi aksi pemberontak besar-besaran yang disusul dengan intervensi Barat dan beberapa negara regional. Kondisi ini diperparah dengan masuknya elemen-elemen radikal dari Eropa, Timur Tengah dan Afrika utara ke Suriah untuk membantu menggulingkan pemerintahan Presiden Basyar al-Assad. Akibatnya, Suriah menjadi ajang salah satu konflik paling berdarah dalam sejarah kontemporer. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL