Teheran, LiputanIslam.com –  Delegasi tingkat tinggi Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) di bawah pimpinan Saleh al-Arouri telah tiba di Teheran, ibu kota Iran, Jumat  (20/10/2017).

Hamas dalam statemennya menyatakan kunjungan ini akan menelan waktu beberapa hari dan mereka akan menemui para petinggi Iran untuk membahas situasi terkini Palestina, terutama mengenai rekonsiliasi Hamas dengan Fatah, hubungan Hamas dengan Iran, dan perkembangan isu konflik Palestina dengan Rezim Zionis Israel.

Kunjungan ini dilakukan setelah para tokoh Hamas mengadakan serangkaian komunikasi dengan para petinggi berbagai negara terkait dengan rekonsialisi Hamas-Fatah.

Belum lama ini Israel mengajukan  beberapa prasyarat perundingan damai dengan Palestina antara lain pengakuan Hamas atas eksistensi Israel, perlucutan senjata Hamas, dan penghentian hubungan faksi pejuang ini dengan Iran.

Pada awal Agustus lalu Hamas juga mengirim delegasi tingginya yang dipimpin Izzat al-Rishq dan dianggotai oleh Saleh al-Arouri, Zahir Jabarin, dan Usamah Hamdan.  Saat itu mereka datang ke Teheran atas undang resmi untuk mengikuti upacara pelantikan Hassan Rouhani sebagai presiden Iran untuk kedua kalinya. (mm/rt/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL