IRAQ-UNRESTArbil, LiputanIslam.com – TV berita al-Arabiya Ahad melaporkan bahwa sebanyak 186 anggota organisasi teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas di Irak dalam kurun waktu sejak Sabtu hingga Ahad (10-11/1/2015).

TV yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab, ini tidak memberikan laporan lebih lanjut, namun situs berita Akbar al-An menyebutkan bahwa Saed Mamuzini, anggota Partai Uni Patriotik Kurdistan (PUK) di distrik Kavir menyatakan bahwa pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, Ahad kemarin berhasil membebaskan distrik tersebut setelah selama dua hari terlibat pertempuran sengit dengan pasukan teroris ISIS.

“Sejauh ini ada 125 teroris yang terbunuh di kawasan ini, 100 di antaranya dibawa lari ke Mosul, sementara di pihak Peshmerga ada 24 orang yang terbunuh,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Menyusul kekalahan ini, para petinggi ISIS menghukum mati 16 anggotanya di Mosul karena diketahui telah kabur dari pertempuran yang terjadi di kawasan Makhmur- Kavir.”

Dia juga mengatakan bahwa Peshmerga di kawasan al-Navaran juga berhasil menggagalkan serangan ISIS. Peshmerga balik menyerang sebuah tempat perkumpulan ISIS, mengakibatkan 20 teroris bergelimpangan tanpa nyawa.

Tak hanya di situ, lanjutnya, di kawasan Zumar ISIS juga berantakan. Di sana mereka mencoba menyerang pasukan Peshmerga di desa Sahlaj, namun mendapat perlawanan hebat hingga jatuh korban tewas di pihak ISIS sendiri sebanyak enam orang.

Sementara itu, pasukan Irak yang dibantu relawan Sunni dan Syiah Ahad kemarin menggelar operasi di beberapa wilayah provinsi Anbar hingga menyebabkan 28 anggota ISIS tewas. Selain itu, tiga anggota ISIS lainnya juga tewas diterjang operasi pasukan khusus Irak di sekitar sebuah desa di utara kota al-Miqdadiyah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*