jet tempur suriahAnkara, LiputanIslam.com – Juru bicara militer Suriah menyatakan bahwa pasukan pemerintah negara ini hanya dalam kurun waktu lima hari telah berhasil menghancurkan 673 sarang dan tempat-tempat perkumpulan kawanan teroris di berbagai penjuru Suriah. Dia juga mengatakan bahwa salah satu pilot jet bomber Rusia yang ditembak jatuh oleh Turki berhasil diselamatkan berkat operasi gabungan pasukan khusus Suriah dengan pasukan Rusia.

“Satuan-satuan militer dengan kerjasama kelompok-kelompok pertahanan sipil telah meraih banyak kesuksesan dalam perang melawan kelompok-kelompok teroris. Garis pertahanan kelompok-kelompok teroris di berbagai kawasan sudah rapuh, dan berbagai informasi yang ada menyebutkan bahwa puluhan teroris yang sebagian besar adalah warga negara asing sedang kabur ke arah perbatasan Turki,” ungkapnya, sebagaimana dilansir SANA, Jumat (27/11).

Dia menambahkan, “Angkatan udara Suriah mulai tanggal 21 hingga 26 bulan ini (November 2015) berhasil menghancurkan 673 markas dan tempat perkumpulan para teroris dalam 179 penerbangan militer di sekitar Damaskus, Homs, Hama, Idlib, Aleppo, Deir az-Zor dan Latakia.”

Dia juga menyebutkan sekelompok pasukan khusus Rusia bekerjasama dengan pasukan Rusia pada Selasa malam lalu (24/11) telah melancarkan operasi luar biasa hingga berhasil menyelamatkan salah satu pilot pesawat Rusia Su-24 yang ditembak jatuh oleh F-16 Turki.

Menurutnya, penembak jatuhan jet bomber Rusia ini merupakan pertanda jelas bahwa pemerintah Turki “menyokong ISIS dan kelompok-kelompok pengacau keamanan dan perdamaian internasional lainnya.”
Laporan lain dari surat kabar Austria Österreich menyebutkan bahwa salah satu pentolan ISIS asal Austria, Mohamed Mahmoud, 30 tahun, diyakini tewas dalam pertempuran di Suriah.

Mahmoud sebelumnya diketahui sangat aktif di Twitter dan Facebook serta rutin memosting video-video propaganda ISIS. Namun akunnya tiba-tiba senyap sejak 11 November lalu. Sumber-sumber ahli di Wina, Austria, mengatakan kepada tabloid Österreich bahwa mereka yakin teroris itu sudah tewas. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL