pasukan oposisi suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Menteri Urusan Rekonsiliasi Suriah Ali Haidar menyatakan sedikitnya 16000 pemberontak telah menyerahkan diri kepada pemerintah Suriah dalam dua tahun terakhir.

Dalam wawancara dengan kantor berita Rusia Ria Novosti dia mengatakan, “Kita harus membedakan antara perdamaian (rekonsiliasi) dan penyerahan diri (dalam perang). Perdamaian mengenai berbagai kawasan, kota dan desa lebih pelik daripada berhadapan dengan orang-orang yang ingin menyerahkan diri.”

Dia menjelaskan, “Upaya kami dalam rekonsiliasi nasional mengenai berbagai kawasan dan kota ialah memulihkan situasi kehidupan serta kedaulatan pemerintah atas kawasan-kawasan itu. Sedangkan mengenai orang-orang yang menyerahkan diri maka patut kami sebutkan bahwa jumlah orang-orang sudah menyerahkan diri beserta senjatanya dalam enam bulan terakhir di sekitar Damaskus mencapai 6000 orang. Di Homs dan sekitarnyapun dapat dikatakan bahwa dalam dua tahun ini terdapat 10,000 orang yang telah meletakkan senjatanya.”

Ditanya pendapat pemerintah Suriah mengenai kelompok Pasukan Kebebasan Suriah (FSA), Ali Haidar mengatakan, “FSA tak memiliki pemimpin dan pendapat yang satu…. Mereka adalah kelompok pelanggar undang-undang , memerangi pemerintah dan tak jauh berbeda dengan para teroris. Perbedaan mereka dengan kawanan teroris semisal ISIS terletak pada pemikiran dan ideologi mereka.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL