Teheran, LiputanIslam.com –   Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah menyatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) berhasil menghabisi lebih dari 140 anggota kawanan bersenjata dalam pertempuran sengit sejak Kamis hingga Jumat (6-7/6/2019)

Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah Mayjen Victor Kubcichin dalam sebuah statemennya menyatakan, “Organisasi-organisasi bersenjata ilegal dari zona de-eskalasi di Idlib melancarkan serangan pada pukul 10:45 hari Jumat terhadap posisi-posisi pasukan pemerintah di dekat kota Karnaz dan Hamameyat di provinsi Hama.”

Dia menambahkan bahwa serangan terhadap Kurnaz melibatkan sekitar 80 pria bersenjata dan dan tujuh  unit mobil pickup, sedangkan serangan ke kawasan Hamameyat melibatkan sekitar 60 orang dan satu mobil pickup.

Baca: Israel Menyerang Suriah, Tiga Tentara Terbunuh

“Selama serangan balasan, pasukan bersenjata Suriah menghancurkan lebih dari 20 pria bersenjata, satu tank dan dua pickup,” ungkap Kubcichin.

Menurutnya, kawanan bersenjata kembali mengonsentrasikan diri,  mengirim bala bantuan, senjata dan peralatan tempur, dan telah terdeteksi adanya lebih dari seribu orang bersenjata di dekat distrik Murk di pinggiran utara provinsi Hama.

Baca: Para Teroris Bersiap Luncurkan Serangan Kimia di Aleppo-Suriah

Victor Kubcichin juga menyebutkan adanya serangan oleh kawanan bersenjata Hay’at Tahrir Sham alias Jabhat al-Nusra di kota-kota Jabin dan Tel Malah di provinsi Hama pada 6 Juni, dengan melibatkan sekitar 500 orang bersenjata, 6 tank, 4 mobil pengangkut personil, 4 mobil jeep bersenapan mesin berat dan peralatan perang lainnya.

Dia kemudian menyebutkan bahwa tentara Suriah yang didukung oleh Angkatan Udara Rusia, berhasil membunuh lebih dari 140 teroris serta menghancurkan 5 tank, 3 mobil pengangkut personil, 9 mobil pickup, dua peluncur roket, dan dua mortir. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*