MekkahAl-Mukarramah, LiputanIslam.com –  Da’i kondang Arab Saudi Syeikh Abdul Aziz al-Fawzan menuding kaum Muslim Syiah berusaha membakar Ka’bah dan “membebaskan Hijaz (Arab Saudi)”.

“Jangan heran atas tertangkapnya seseorang yang berusaha membakar Kaabah selagi para syeikh mereka memotivasi mereka secara terbuka supaya membakar Kaabah dengan niat demi mendekatkan diri kepada Allah (mereka adalah musuh maka waspadailah mereka),” tulis al-Fawzan di halaman Twitternya, seperti dikutip al-Alam, Selasa (7/2/2017).

Dia menambahkan, “Umat kita sekarang sedang menghadapi perang menyeluruh dan dengan segala sarana… Sangat dibutuhkan pembangkitan kepedulian dan pengerahan segenap tenaga yang aktif. Maka kami mengingatkan janganlah tidak percaya kepada orang-orang yang tulus lalu kita menghalangi misi mereka dan menggagalkan sepak terjang mereka.”

Cuitan al-Fawzan ini mengemuka setelah lembaga pengurus Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi mengumumkan bahwa pada Senin malam lalu seorang pria telah berusaha membakar dirinya di dekat Kaabah hingga percikan bahan bakar yang dibawanya mengena tirai sisi barat Kaabah.

Namun demikian, menurut laporan Huffington Post, hasil pemeriksaan awal menunjukkan bahwa pria itu mengalami masalah kejiwaan sehingga berusaha membakar dirinya dengan menyiramkan bensin pada tubuhnya dekat Kaabah.

Pria berusia sekitar 40 tahun warga negara Saudi sendiri itu sedang tertekan masalah keluarga dan sebelumnya juga sudah pernah mencoba bunuh diri di salah satu ruang pengadilan Arab Saudi.

“Sengketa keluarga mengenai warisan mendiang ayahnya yang diperkirakan bernilai jutaan namun dikuasai oleh pamannya berada di balik (kejadian ) itu,” bunyi rekaman yang ada pada seorang polisi Masjid al-Haram.

Juru bicara resmi Masjid al-Haram juga menepis narasi yang menyebutkan bahwa warga negara Saudi itu bermaksud membakar tirai Kaabah.

“Ketika membekuknya, orang-orang telah menyebabkan bahan bakar itu memercik ke tirai Kaabah,” katanya.

Huffington Post melaporkan bahwa segera setelah kejadian ini dan sebelum ada pernyataan dari jubir resmi kepolisian Mekkah al-Mukarramah, para pengguna Twitter membuat hashtag khusus dan menuduh pria itu berusaha membakar Kaabah, dan mengaitkan pria itu dengan penganut aliran tertentu (Syiah). (mm/alalam/huffingtonpost)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL