jabhah al-nusraDamaskus, LiputanIslam.com – Beberapa kelompok teroris di Suriah yang terusir dari utara provinsi Aleppo hingga bergeser ke wilayah barat dan selatan dilaporkan terlibat pertempuran sengit dengan pasukan Suriah dan Hizbullah Lebanon di wilayah pedesaan Khan Tuman, namun mereka akhirnya menyingkir setelah banyak anggotanya bergelimpangan tanpa nyawa.

Menurut laporan FNA, Pasukan Arab Suriah (SAA) dan milisi Hizbullah terus melakukan razia besar-besaran di wilayah selatan, barat dan timur provinsi Aleppo. Kelompok-kelompok teroris lantas mencoba menahan gerak maju SAA dan Hizbullah, namun mereka kalah dan kehilangan ratusan anggotanya hingga kemudian bergeser dari utara ke arah barat dan selatan.

Sejak Sabtu pekan lalu sebanyak hampir 320 teroris dari berbagai kelompok teroris termasuk Jaish al-Mujahidin dan Front al-Nusra mulai mengatur serangan masif ke wilayah barat kawasan strategis Khan Tuman.

Menyusul serangan ini, pertempuran sengit lantas berkobar antara kawanan teroris di satu pihak dan SAA dan Hizbullah di pihak lain di bagian timur. Pertempuran berlanjut hingga Minggu pagi yang pada akhirnya pasukan Suriah yang juga dibantu serangan udara Rusia dan Suriah sendiri berhasil menghabisi puluhan teroris dan melukai banyak teroris lainnya.

Menurut pengakuan beberapa pihak teroris, lebih dari 100 anggota Front al-Nusra tewas dan para kombatan kelompok ini yang selamat terpaksa mundur dan tak sempat membawa sebagian rekannya yang bergelimpangan tanpa nyawa.

Kelompok Jaish al-Islam juga kehilangan beberapa anggotanya. Mereka sempat mencoba kembali ke lokasi pertempuran secara sembunyi-sembunyi untuk membawa rekan-rekannya yang tewas, namun pergerakan mereka terdeteksi oleh pasukan Suriah dan Hizbullah.Akibatnya, konvoi mobil mereka hancur bersama semua orang yang ada di dalamnya dihantam rudal-rudal pemburu panas.

Laporan lain dari SANA menyebutkan tentara Suriah yang didukung pasukan relawan Suriah Senin (23/11) berhasil membebaskan dua kawasan Mahin dan Hawarin di tenggara Homs dari pendudukan kelompok teroris ISIS melalui operasi yang menghancurkan markas terakhir ISIS di dua kawasan itu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL