Khartoum, LiputanIslam.com –  Menlu Turki Mevlut Cavusoglu menegaskan negaranya memandang semua negara Islam dengan pandangan yang sama sehingga tidak ada apa yang belakangan ini disebut-sebut sebagai “poros Turki-Iran-Qatar”.

“Tak ada sesuatu yang namanya poros Turki-Iran-Qatar. Turki sekarang menjabat ketua periodik Organisasi Konferensi Islam (OKI), memandang semua negara Islam dengan pandangan yang sama, dan mengatakan salah kepada pihak yang berbuat salah,” katanya dalam jumpa pers bersama Menlu Sudan Ibrahim Ghandour di Khartoum, ibu kota Sudan, Selasa (26/12/2017).

Dia menyatakan, “Turki adalah negara yang paling banyak mengritik Iran berkenaan dengan krisis Suriah dan Irak. Tidak boleh mengartikan pendekatan antarnegara sebagai poros atau aliansi.”

Dia kemudian memberi contoh dengan mengatakan, “Kami sekarang memiliki pendekatan dengan Sudan, apakah ini berarti ada poros atau aliansi Turki dengan Sudan? Jangan sampai terseret ke balik fitnah demikian.”

Dia menambahkan, “Kami tidak ingin memecah belah dunia Islam sebagaimana dilakukan oleh sebagian orang dengan cara menebar kerusuhan di negara-negara Islam. Kami tidak ingin menimbulkan krisis antarnegara berdasarkan klaim-klaim kosong, dan kami tidak akan menjual masalah Palestina kepada pihak lain.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*