israel letnan hadar goldinGazaCity, LiputanIslam.com – Brigade Ezzedin al-Qassam, sayap militer Hamas, Sabtu (2/8) pagi menyatakan tidak mengetahui nasib perwira muda Israel yang dikabarkan Tel Aviv telah ditawan oleh para pejuang Palestina, demikian dilaporkan TV al-Aqsa, sebagaimana dikutip FNA. Brigade ini menduga perwira Zionis Letnan Hadar Goldin, 23 tahun, itu tewas dalam peristiwa serangan Israel ke kawasan Rafah, Jalur Gaza selatan, Jumat kemarin (1/8).

Israel menuduh pejuang Palestina telah menawan Letnan Goldin. Namun hingga kini tidak ada faksi pejuang Palestina yang menyatakan bertanggungjawab atas hilangnya perwira militer Zionis tersebut.

Israel menjadikan kasus hilangnya Goldin sebagai alasan untuk melanggar gencatan senjata yang semula telah disepakati diberlakukan untuk jangka waktu tiga hari sejak Jumat pukul 08.00 waktu Palestina. Dengan alasan itu mereka membombardir kota Rafah hingga jatuh korban jiwa warga Palestina sebanyak lebih dari 100 orang.

Data terbaru dari Departemen Kesehatan Palestina di Gaza menyebutkan bahwa jumlah syuhada ini kini mencapai 1,665 orang, sedangkan korban luka sekitar 8,840 orang.

Sementara itu, para pejuang Palestina membalas serangan pasukan Zionis dengan meluncurkan beberapa roket ke sejumlah kawasan Israel, termasuk Tel Aviv. Berbagai laporan menyebutkan suara sirine membahana di beberapa kota dan daerah Israel ketika Brigade al-Qassam menembakkan roket-roketnya ke arah Tel Aviv dan Beer Sheva. Beberapa orang Israel dilaporkan cidera di Tel Aviv.

Jumat kemarin Brigade al-Quds juga menembakkan roket ke kota pelabuhan Ashdod. Selain itu, beberapa roket yang meluncur dari Gaza juga memekikkan sirine di Eshkol dan Shaar HaNegev di bagian barat laut gurun Negev.

Militer Israel mengkonfirmasikan dua anggotanya terbunuh oleh pejuang Hamas di bagian selatan Gaza dalam sebuah operasi di bagian selatan Gaza. Di pihak lain, Hamas mengaku berhasil membunuh 15 tentara Israel di kawasan yang sama.

Berdasarkan data resmi Tel Aviv, jumlah korban tewas di pihak Israel 66 orang, 3 di antaranya warga sipil, sedangkan sisanya militer. Tetapi pejuang Hamas memperkirakan jumlah korban tewas di pihak Israel mencapai sekitar 150 orang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL