Islamabad, LiputanIslam.com –  Pesawat pembom antar benua milik Rusia mulai dioperasikan lagi untuk menggempur kawanan teroris ISIS di Suriah setelah sempat berhenti.

“Enam unit pesawat pembom dan strategis Tupelov Tu-22M3 telah diterbangkan dari sebuah pangkalan di Rusia hari ini, membombardir markas-markas teroris ISIS di provinsi Deir ez-Zor, dan sudah kembali,” ungkap Kemhan Rusia dalam statemennya, Sabtu (21/1/2017).

Statamen ini menyebutkan bahwa gambar-gambar dan data-data satelit menunjukkan keberhasilan serangan ini, dan target-target teroris yang telah ditentukan dalam serangan ini hancur.

“Target serangan ini adalah kamp satuan-satuan bandit itu, depot-depot amunisi, kelompok-kelompok kendaraan lapis baja, dan tenaga manusia,”  lanjut Kemhan Rusia.

Dalam operasi ini, beberapa jet tempur Sukhoi 30 SM dan Sukhoi 35 S yang juga diterbangkan dari pangkalan udara Hmeimim, provinsi Latakia, Suriah, untuk membarengi Tu-22M3.

Bomber Tu-22M3 merupakan pesawat supersonik canggih yang dapat membawa 24 ton bom dan roket dari berbagai jenis, berjarak terbang jauh, berkecepatan 2,2 kali kecepatan suara, dan dibuat dii era Uni Soviet. (mm/rt/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL