Car bombing in Cairo, Egypt - 29 Jun 2015Kairo, LiputanIslam.com – Mesir kembali diguncang serangan teror. Jiwa Jaksa Penuntut Umum Mesir Hisham Barakat tak tertolong jiwanya setelah dilarikan ke rumah sakit akibat ledakan bom teror di Kairo, ibu kota Mesir. Demikian dilaporkan al-Misr al-Youm, Senin (29/6).

Juru bicara Departemen Kesehatan Mesir Hisham Abdul Ghaffar sebelumnya menyatakan bahwa korban luka dalam serangan teror bom yang menerjang rombongan Hisham Barakat telah menjatuhkan tujuh korban luka, 5 di antaranya pengawal, serta satu warga sipil dan Hisham Barakat sendiri.

Pihak kejaksaan di kawasan timur Kairo memulai penyelidikan terhadap serangan yang ditujukan terhadap rombongan Barakat. Hasil sementara olah TKP menunjukkan bahwa kawanan bersenjata telah meledakkan sebuah mobil berisikan bahan peledak dalam jumlah besar ketika Barakat dan para pengawalnya sedang melintas di jalan di lokasi peristiwa menuju kantornya.

Bom diledakkan dari jarak jauh ketika rombongan itu mendekati mobil maut tersebut. Kuatnya ledakan membuat mobil maut itu berubah menjadi serpihan-serpihan besi yang menerjang orang-orang di dekatnya.

Kejaksaan segera meminta petugas supaya memeriksa bangkai mobil yang tersisa serta memburu pelakunya. Kejaksaan juga meminta Badan Keamanan Nasional Mesir supaya bergerak menangani masalah ini secara intensif.

Dalam rekaman video amatir yang diambil beberapa saat setelah ledakan terlihat pejalan kaki berusaha menolong Barakat yang mengalami pendarahan di bagian wajah dan perut.

Ledakan juga merusak dan menghanguskan beberapa mobil serta menghancurkan kaca-kaca jendela di lokasi sekitar.

Mesir sering dilanda kekerasan yang menewaskan ratusan polisi dan tentara sejak presiden Mohamed Morsi dikudeta oleh pihak militer pada Juli 2013, menyusul maraknya aksi demo anti pemerintahan Morsi di negara ini.

Barakat adalah pejabat tinggi Mesir pertama yang menjadi sasaran serangan sejak upaya pembunuhan terhadap mantan menteri dalam negeri Mohamed Ibrahim gagal pada September 2013. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL