Blast hits Hezbollah heartland in Beirut, 5 dead: VideoBeirut, LiputanIslam.com – Tiga tentara Lebanon tewas dan tiga rekan mereka menderita luka-luka diterjang ledakan bom mobil di kota Arsal yang berbatasan dengan Suriah Sabtu (29/03). Keterangan sumber-sumber keamanan yang dikutip Reuters menyebutkan bahwa insiden di wilayah timur laut Lebanon ini juga menewaskan satu pelakunya.

Pelaku meledakkan bom mobil ketika berada di pos pemeriksaan di pinggiran kota Arsal. Peledakan ini terjadi beberapa jam setelah Sekretaris Hizbullah Hasan Nasrallah berpidato di televisi menyatakan Hizbullah terlibat pertempuran di Suriah adalah dalam rangka melindungi Lebanon dari bahaya kaum ekstrimis.  Selain itu, beberapa jam sebelumnya juga tersiar laporan bahwa tentara Suriah berhasil merebut sejumlah desa di wilayah Qalamun yang berbatasan dengan wilayah timur laut Lebanon

Arsal yang berjarah 124 kilometer timur laut Beirut kebanjiran ribuan pengungsi dari Suriah, dan sering disusupi pula oleh gerilyawan ekstrimis Suriah karena mendapat sambutan dari sebagian kelompok Lebanon yang berbasis di sana.  Gerilyawan banyak masuk ke sana menyusul kemenangan tentara Suriah di wilayah strategis Qalamoun.

Lebanon sering mendapat serangan dari para gerilyawan yang berafiliasi dengan jaringan teroris al-Qaeda dan kelompok-kelompok pemberontak Suriah yang didukung oleh negara-negara asing. Gerilyawan tak jarang menembakkan roket ke wilayah-wilayah yang mayoritas penduduknya mendukung pemerintah Suriah.

Kamis lalu, tentara Lebanon mengumumkan telah membunuh seorang pria yang diduga terlibat dalam aksi pembunuhan tentara Lebanon, perakitan bom mobil dan penembakan mortir ke daerah-daerah permukiman Lebanon.

Suriah dilanda perang sejak 2011 akibat adanya upaya pemberontakan terhadap pemerintah Damaskus. Kondisi ini diperparah oleh masuknya ribuan militan asing dengan tujuan membantu menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Sebagian sumber menyebutkan korban tewas mencapai sekitar 140,000 orang, sedangkan penduduk yang terpaksa mengungsi mencapai sekitar satu juta orang. (mm/presstv/reuters/dailystar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL