Riyadh, LiputanIslam.com –  Beberapa media Arab Saudi Kamis malam (1/6/2017) melaporkan telah terjadi ledakan bom mobil di sebuah jalan di kota Qatif di bagian timur negara ini.

Para aktivis di sejumlah medsos menyebutkan bahwa satu unit bom mobil telah meledak di dekat pasar Mayas di kota yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah tersebut. Selain itu terjadi pula tembakan dari kelompok tak dikenal.

Sejauh ini dua orang telah dikonfirmasi tewas, dengan laporan awal bahwa mayat keduanya termasuk buronan dari daerah al-Awamiya. Kedua orang itu terbakar di dalam mobil.

Media Saudi menyebutkan bahwa mobil itu membawa bahan peledak untuk dibawa kepada kawanan teroris tetapi kemudian menyala dan meledak akibat terkena panas matahari.

Laporan yang belum dikonfirmasi sebelumnya mengatakan bahwa ledakan mobil tersebut kemungkinan merupakan tindakan ekstremisme, namun pihak berwenang masih  menyelidiki motifnya.

Ledakan itu terjadi beberapa hari setelah gerilyawan di daerah al-Awamiyah, Qatif, menyerang sebuah kendaraan petugas keamanan Senin lalu hingga melukai seorang anggota pasukan darurat khusus.

Kelompok teroris takfiri ISIS sejak tahun 2014 mengampanyekan serangan bom dan penembakan yang sejauh ini telah membunuh lebih dari 40 warga Muslim Syiah di wilayah timur Saudi, termasuk Qatif.

Pada bulan Agustus tahun lalu, polisi mengatakan bahwa mereka menembak mati calon pelaku bom bunuh diri yang menargetkan sebuah masjid di Qatif.

Dua bulan kemudian, seorang pria bersenjata membunuh lima orang di sebuah aula pertemuan warga Muslim Syiah di distrik Saihat, Qatif.

Sebagian besar warga Muslim Syiah Arab Saudi tinggal di kawasan timur yang kaya minyak. Mereka sudah lama mengeluhkan marginalisasi. Karena itu samping serangan ISIS, faktor ketidakpuasan warga Muslim Syiah juga menjadi sebab terjadinya gelombang kekerasan di wilayah tersebut.

Pada tahun 2011, demonstrasi mereka bermula di daerah tersebut dan berkembang menjadi tuntutan kesetaraan.

Bulan lalu, kekerasan meningkat di sekitar proyek rehabilitasi bagian lama Awamiya, sebuah daerah wilayah Qatif.(mm/rayalyoum/alarabiya/ht)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL