Iraq-bomb-attackBaghdad, LiputanIslam.com – Sedikitnya 19 orang tewas dan 41 lainnya menderita luka-luka terkena ledakan bom mobil di kawasan Kadhimiah, Baghdad utara, Kamis sore (16/6/2014), sedangkan di sebuah kawasan dekat kota Mosul 20 anggota Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam kontak senjata dengan pasukan Kurdi, Peshmarga, di hari yang sama. Selain itu, militan ISIS kabur secara massal dari Kirkuk setelah menderita banyak kerugian akibat serangan pasukan Irak.

Mengutip laporan AFP, Rai al-Youm melaporkan bahwa bom mobil di Kadimiah tersebut meledak di sebuah pasar tradisional Bab al-Darwazah yang berada di sekitar komplek makam suci kaum Syiah pada sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Jumlah korban dilaporkan oleh otoritas kepolisian mencapai 19 orang tewas dan 41 orang luka-luka, setelah sebelumnya dilaporkan korban tewas 7 orang dan korban luka 34 orang.

Sementara itu, di hari yang sama sebanyak 20 anggota ISIS tewas dalam pertempuran dengan pasukan Kurdi, Pesghmerga, di sebuah kawasan dekat kota Mosul. Kantor berita Anadolu menyebutkan pertempuran itu terjadi di sebuah lokasi berjarak 15 kilometer dari kota Mosul. Menurut lembaga pemberitaan yang berbasis di Turki ini, dalam pertempuran itu 15 personil pasukan Peshmerga menderita luka-luka, dua di antaranya kritis.

Laporan lain dari al-Alam yang mengutip berita dari media online Iraq al-Qanun menyebutkan bahwa pasukan ISIS melarikan diri secara massal dari Tikrit, ibu kota provinsi Salah al-Din, setelah mendapat serangan masif dari pasukan Irak.

Sebuah sumber keamanan setempat mengatakan, “Geng-geng teroris ISIS di Tikrit kabur secara massal menuju Baiji dan Kirkuk setelah menderita banyak kerugian akibat serangan sengit pasukan keamanan.”

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa puluhan anggota ISIS yang bertahan di komplek Universitas Tikrit tewas digempur serangan udara pasukan Irak. Serangan itu juga menyebabkan satu komandan ISIS yang memiliki julukan Abu Nabil menderita luka parah. Usai serangan itu pasukan Irak menyita banyak senjata ISIS dan mengibarkan bendera Irak di gedung universitas. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL