LashkarGah, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 14 orang tewas dan puluhan lainnya terluka akibat ledakan bom mobil di dekat sebuah fasilitas olahraga di Afghanistan selatan, Jumat (23/3/2018).

Jubir gubernur provinsi Helmand, Omar Zwak, mengatakan ledakan terjadi di dekat stadion Ghazi Muhammad Ayoub Khan, tempat pertandingan gulat sedang berlangsung di kota Lashkar Gah.

Aminuallah Abed, kepala departemen kesehatan masyarakat provinsi setempat, mengatakan bahwa 40 orang yang terluka sudah menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Korban tewas diperkirakan akan meningkat karena sebagian korban luka berada dalam kondisi kritis.

Sejauh ini belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan teror tersebut.

LSM Darurat Italia mengaku mendengar suara ledakan dari pusat bedah mereka.

“35 korban luka sudah dibawa ke rumah sakit kami, empat orang meninggal saat tiba,” ungkap lembaga itu di halaman Twitternya.

Saluran TV Al-Jazeera melaporkan,”pembom mobil bunuh diri meledakkan bomnya tepat di luar pintu masuk stadion… Sejumlah pejabat keamanan yang mungkin menonton pertandingan itu termasuk di antara korban.”

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengutuk serangan itu sembari menegaskan,”Musuh-musuh Afghanistan tidak dapat mencegah perayaan acara-acara tradisional, agama dan budaya di negara ini.”

Ledakan itu terjadi hanya dua hari setelah seorang teroris meledakkan dirinya di dekat Universitas Kabul di ibukota Afghanistan hingga menewaskan 29 orang dan melukai 52 lainnya.

Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. (mm/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*