ledakan di kairo mesirKairo, LiputanIslam.com – Kairo, ibu kota Mesir, kembali diguncang bom. Kali ini dua bom meledak dekat istana kepresidenan Mesir mengakibatkan dua polisi tewas, Senin (30/6/2014).

Menurut keterangan Kementerian Dalam Negeri Mesir yang dikutip Press TV, ledakan pertama menewaskan satu perwira polisi berpangkat kolonel dan melukai beberapa polisi lainnya saat mereka berusaha menjinakkan bom namun ternyata malah meledak.

Ledakan kedua menewaskan satu polisi berpangkat letnan kolonel dan menciderai beberapa polisi lainnya. Sebagaimana bom pertama, bom kedua juga meledak ketika mereka memblokir lokasi dan berusaha menjinakkan bom.

Belum jelas apakah Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi berada di Istana al-Ittihadiya tersebut ketika ledakan itu terjadi.

Rabu lalu lima bom berdaya ledak rendah meledak di stasiun kereta api bawah tanah di Kairo, menyebabkan lima warga cidera. Sabtu lalu dua bom meledak di menara telekomunikasi, menewaskan dua orang.

Beberapa bom tersebut meledak beberapa hari setelah kelompok militan mengumumkan bahwa pihaknya telah memasang bom dekat istana kepresiden Mesir di Kairo.

Seperti diketahui, Mesir sering dilanda kekerasan sejak Presiden Mohammad Morsi dikudeta pada Juli 2013 oleh pihak militer pimpinan Abdel Fattah al-Sisi yang kini menjabat sebagai presiden melalui pemilu bulan lalu yang diikuti oleh kurang dari 50 persen warga yang berhak pilih.

Mesir juga kerap dilanda aksi unjuk rasa protes anti pemerintah yang sebagian besar berujung bentrokan antara masa pengunjuk rasa dan aparat keamanan. Beberapa kelompok peduli HAM menyatakan bentrokan antara aparat dan massa pengunjuk rasa telah menjatuhkan korban tewas sebanyak lebih dari 1,400 orang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL