ledakan di madinah

Ledakan di kota suci Madinah al-Munawwarah

Riyadh, LiputanIslam.com – Serangan bom bunuh diri kembali terjadi di Arab Saudi. Setelah ledakan di kota Jeddah, dua serangan bom susulan terjadi di kota Qatif dan kota suci Madinah al-Munawwarah.

Ledakan bom pertama terjadi di dekat masjid Faraj al-Omran di kota Qatif yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah di bagian timur Arab Saudi, Senin malam (5/7/2016).

Pelaku meledakkan diri setelah gagal mendatangi masjid karena terhalang oleh keberadaan satu petugas keamanan.

Penduduk setempat mengatakan kepada AFP bahwa ledakan itu tidak menjatuhkan korban kecuali pelakunya sendiri.

bom qatif ramadhan saudi

Jemaah panik setelah terjadi ledakan di masjid di kota Qatif.

“Peledakan itu jelas dilakukan oleh pelaku serangan bom bunuh diri. Saya melihat mayatnya,” ujar seorang saksi mata. Dia menambahkan bahwa mayat itu tercecer menjadi beberapa bagian.

Seorang saksi lain mengatakan, “Seorang pelaku serangan bunuh diri telah meledakkan dirinya dekat masjid di pusat kota Qatif.” Dia juga memastikan serangan itu tidak menjatuhkan korban selain pelakunya.

Disebutkan pula dalam peristiwa itu terjadi dua kali ledakan yang satu mobil yang diparkir di dekat masjid rusak.

Dalam peristiwa lain yang terjadi setelahnya, ledakan bom juga mengguncang sebuah lokasi dekat markas keamanan Masjid Nabawi, Madinah. FNA menyebutkan bahwa empat petugas keamanan dan pelaku peledakan dilaporkan terbunuh.

Hingga laporan ini disusun, belum adalah laporan lebih lanjut mengenai akibat serangan ini, dan belum ada pula orang atau kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas serangkaian peledakan bom di negeri Hijaz tersebut.

Sebelum ledakan di Qatif dan Madinah al-Munawwarah, ledakan bom bunuh diri juga terjadi di lokasi dekat konsulat Amerika Serikat di Jeddah, namun juga tidak menjatuhkan korban kecuali pelaku sendiri. (Baca: Bom Bunuh Diri Meledak Dekat Konsulat AS di Jeddah(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL