serangan bom isis di baghdad irakTeheran, LiputanIslam.com – Teroris takfiri terus beraksi di Baghdad hingga menyebabkan ibu kota Irak ini hampir setiap hari diguncang ledakan bom.

Mengutip keterangan sumber keamanan Irak, al-Forat News melaporkan bahwa lima tentara Irak terbunuh dan 11 lainnya luka-luka terkena ledakan bom teroris di gerbang pangkalan militer al-Taji di bagian utara

Baghdad, Senin pagi (20/6). Ledakan itu berasal dari seorang teroris yang melancakan aksi bom bunuh diri.
Sebelumnya, serangan teror juga menerjang kawasan al-Taji hingga menewaskan 18 orang dan menciderai 23 lainnya.

Disebutkan bahwa kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) semakin kalap dan gelap mata untuk menebar teror di mana-mana guna melampiaskan dendam atas kekalahannya di kota Fallujah, provinsi Anbar, dan beberapa kawasan lain belakangan ini.

Dalam perkembangan terbaru, Komandan Operasi Anbar Mayjen Ismail al-Mahlawi menyatakan pasukan pemberantas teroris dan polisi taktis Irak yang dibantu pasukan udara Irak dan pasukan udara koalisi memulai operasi pembebasan dua kawasan Zankurah dan Burishah di utara Ramadi, ibu kota provinsi Anbar.

“Operasi ini sudah dimulai, dan sejauh ini sebanyak tujuh teroris ISIS terbunuh,” ungkapnya, Senin.

Jumat lalu pasukan Irak berhasil membebaskan Fallujah setelah kota ini diduduki ISIS sejak sekira dua tahun silam. Mengingat strategisnya Fallujah, pembebasan kota ini menjadi lonceng kematian bagi eksistensi ISIS di Irak.

FNA menyebutkan bahwa banyak anggota ISIS yang berhasil kabur dari Fallujah dengan bantuan helikopter Amerika Serikat (AS) serta bantuan sebagian suku lokal sehingga dapat menyusup dan membaur dengan belasan ribu pengungsi.

Dengan bebasnya kota ini maka operasi pembebasan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, diperkirakan akan menjadi lebih mudah. Perdana Menteri Irak Haider Abadi selaku panglima tertinggi angkatan bersenjata menyatakan operasi pembebasan Mosul akan resmi dimulai dalam waktu dekat. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL