bom masjid abha saudiRiyadh, LiputanIslam.com –   Sedikitnya 17 pasukan keamanan Arab Saudi tewas diterjang serangan bom bunuh diri di sebuah masjid di kota Abha di bagian barat daya negara ini, Kamis (6/8). Demikian dilaporkan kanal berita resmi Saudi, Al-Ekhbariya.

Dilaporkan pula bahwa serangan itu juga menjatuhkan korban luka sebanyak 25 orang dengan kondisi sebagian di antaranya parah sehingga tidak tertutup kemungkinan jumlah korban tewas akan bertambah.

Pejabat Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan kepada Associated Press bahwa ledakan bom itu menerjang seluruh bagian masjid yang sedang digunakan oleh para petugas keamanan.

Pejabat yang meminta tak disebutkan jatidirinya karena tidak berwenang berbicara kepada pers itu mengatakan bahwa masjid itu adalah milik pos dinas keamanan Kementerian Dalam Negeri di Abha. Pejabat itu tidak menyebutkan apakah masjid itu merupakan bagian dari komplek Kementerian Dalam Negeri.

Situs berita Times of Oman menyebutkan bahwa para korban adalah anggota unit Senjata dan Taktik Khusus (Special Weapons and Tactics/SWAT).

Belum ada pihak manapun yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan ini. Saudi hanya diketahui sebagai negara yang telah menebar maut di Yaman dengan serangan udaranya sejak Maret lalu sampai sekarang.

Peledakan bom di provinsi Usair itu membuat Menteri Pertahanan Saudi Mohammad bin Salman membatalkan kunjungannya ke Mesir untuk mengikuti seremoni peresmian fase baru terusan Suez. Situs berita al-Badil melaporkan bahwa dia akhirnya diwakili oleh Khaled al-Faisal, amir kawasan Mekkah al-Mukarramah merangkap penasehat Raja Saudi.

Mohammad bin Salman yang juga wakil Putera Mahkota, Mohammad bin Nayef, menjadi sosok yang sangat berpengaruh di Saudi sejak ayahnya, Salman bin Abdulaziz, naik tahta menggantikan Abdullah bin Abdulaziz yang meninggal dunia pada Januari 2015. Banyak urusan dilimpahkan kepada Mohammad bin Salman, sementara Mohammad bin Nayef tampak tak berperan sama sekali pada kebijakan dalam dan luar negeri. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL