Riyadh, LiputanIslam.com –  Penulis terkenal Arab Saudi Jamal Ahmad Khashoggi menyatakan sudah saatnya negara ini memberantas ekstremisme tanpa pandang bulu dan tidak hanya beralih dari satu ekstrem ke ekstrem lain.

Dalam cuitannya di Twitter saat mengomentari pernyataan Putera Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman bahwa negara ini akan “menghancurkan para penganut faham ekstrem”, Khashoggi menegaskan bahwa kebebasan di negara ini harus ditegakkan karena kebebasan merupakan prinsip terpenting dalam pemberantasan ekstremisme.

Menurutnya, pernyataan Bin Salman mengenai kebebasan dari ekstremisme telah dinyatakan tepat pada waktunya, karena kerjaan ini sudah sekian dekade terkurung dalam pikiran sempit Salafi/Wahabi.

“Kebebasan dari ekstemisme yang dijanjikan Putera Mahkota harus mencakup penegakan kebebasan umum dan tidak menangkap warga karena pendapatnya… Ketika itulah kita tidak akan beralih dari ekstrem ke akstrem lain,” cuitnya.

Dia juga menuliskan, “Pernyataan Putera Mahkota mengenai kebebasan dari ekstemisme datang pada saatnya, sebab Kerajaan ini sudah kehilangan waktu lama sekian dekade terpenjara dalam pikiran sempit Salafi, dan sudah tiba saatnya kebebasan Islam dengan pluralitas dan ijtihadnya.”

Sebelumnya, Mohammad Bin Salman, dalam sebuah pertemuan dengan para pengusaha dan wartawan di Riyadh, Saudi, Selasa (24/10/2017), mengumumkan bahwa Kerajaan Saudi akan segera menghancurkan para penganut faham ekstrem dan bahwa negara ini akan berusaha kembali kepada “Islam moderat”.

Saat ditanya mengenai kebijakan Saudi yang lebih terbuka belakangan ini, Bin Salman mengatakan, “Saudi sebelum tahun 1979 (peristiwa revolusi Islam Iran) tidak demikian. Di Saudi dan semua kawasan (Timteng) ini tersebar suatu kebangkitan pasca 1979 karena berbagai faktor yang bukan saatnya sekarang untuk menyebutkannya. Jadi kita dulu tidak seperti ini.”

Dia menambahkan, “Kita hanya kembali kepada kondisi kita semua, Islam yang menengah, moderat, dan terbuka bagi dunia, bagi semua agama, tradisi, dan bangsa.”  (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL