Washington, LiputanIslam.com –  Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman yang sedang melakukan kunjungan resmi ke Amerika Serikat (AS) menyebut serangan rudal Ansarullah (Houthi) Yaman justru “menunjukkan kelemahan mereka”, dan di saat yang sama dia menyebutkan adanya metode baru Saudi untuk meredakan perang di Yaman.

Berbicara di depan sejumlah pemred New York Times (NYT), Selasa (27/3/2018), mengatakan bahwa Ansarullah yang menguasai Sanaa, ibu kota Yaman, sejak tahun 2014 kini semakin terkucil secara politik.

NYT melaporkan bahwa Bin Salman  berusaha memberikan citra positif bagi upaya Saudi di Yaman “melalui dialog”, dan menilai peluncuran tujuh rudal balistik Ansarullah ke Saudi pada Sabtu malam lalu (24/3/2018) sebagai “upaya sia-sia” menggempur Saudi dan “tidak menunjukkan apa-apa kecuali kelemahan mereka.”

“Saudi dewasa ini berusaha menghentikan perang di Yaman melalui proses politik dengan cara berusaha memecah Houthi bersamaan dengan tekanan militer terhadap mereka,” katanya.

Dia juga mengecam keras perjanjian nuklir Iran dan menyebutnya hanya akan menunda, bukan mencegah,”obsesi Iran meraih senjata nuklir.”

“Berharap demikian dan mengikuti keberhasilan mereka (Iran) meraih senjata ini artinya ialah Anda menunggu peluncuran rudal ke kepala Anda, karena itu sudah seharusnya untuk segera bergerak sejak sekarang,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir supaya dapat berbuat semaunya di Timteng tanpa kuatir akan mendapatkan tindakan tegas dari pihak manapun.

“Kita mengetahui bahwa mereka memiliki tujuan ini, bahwa Iran, jika sudah meraih senjata nuklir, maka akan menggunakannya sebagai alat yang memungkinkannya berbuat semaunya di Timteng, untuk memastikan bahwa siapapun tidak akan menyerangnya, berkat senjata nuklir mereka,” terangnya.

Dia lantas menekankan keharusan adanya perjanjian nuklir baru yang “benar-benar menjamin” bahwa Iran tidak akan meraih senjata nuklir, dan mencakup sepak terjang Iran lainnya di Timteng. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL