Baghdad, LiputanIslam.com –  Puluhan anggota kelompok teroris takfiri ISIS tewas dan dua peralatan tempur mereka hancur dihantam “operasi pre-emptiv” di barat Mosul, Irak utara, Minggu (13/2/2017).

Komandan Brigade 11 pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi, Sajjad al-Asadi, mengatakan, “Pasukan Brigade 11 dan Brigade 45 milik al-Hashd al-Shaabi yang didukung pasukan udara Irak telah melancarkan operasi serangan pre-emptiv di kawasan Khirbah al-Jahash dan al-Shariah utara dan selatan di barat Mosul hingga menewaskan 20 anggota ISIS dan dua pelaratan pembawa senjata.”

Laporan lain menyebutkan bahwa Brigade 16 al-Hashd al-Shaabi telah menghabisi sejumlah anggota ISIS di desa al-Sharai dan Ain al-Hisan di barat Mosul. Tanpa menyebutkan jumlah, situs berita al-Ahed melaporkan banyak anggota ISIS yang menemui ajal terkena serangan Brigade 16, dan di Tal Afar, relawan Irak ini juga telah menghancurkan 17 bom mobil yang digunakan oleh ISIS untuk menyerang relawan.

Pasukan al-Hashd al-Shaabi sudah sekian lama memutus semua jalur suplai ISIS di front barat Mosul. Hal ini lantas membuat ISIS berulangkali melancarkan serangan untuk membuka celah kepungan agar dapat mengakses perbatasan Suriah.

Di kota Mosul sendiri, pasukan Irak masih melanjutkan operasi pembersihan bagian kota yang sudah dibebaskan dari pendudukan ISIS. Mereka menyapu bom-bom dan bahan-bahan peledak yang ditebar ISIS.

Kemhan Irak dalam statemennya menyebutkan, “Setelah kalah dalam perang di Mosul Timur, ISIS meninggalkan paket-paket peledak dan rumah-rumah yang dipasangi bom. Para insinyur perang melakukan sterilisasi kawasan-kawasan yang tercemar (bahan peledak), dan menyiapkan keadaan untuk pulangnya penduduk ke rumah dan kampung halaman mereka di kawasan-kawasan ini.” (mm/alahed/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL