pasukan-suriah-saaAleppo, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah berhasil merebut kembali sekolah al-Hikmah yang merupakan titik strategis di bagian selatan kota Aleppo setelah bertempur sengit melawan militan oposisi dan teroris, Rabu (9/11/2016). Bersamaan dengan ini belasan warga sipil tewas terkena serangan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di sebuah daerah dekat Raqqah.

Sumber militer Suriah mengatakan kepada DPA, “Satuan-satuan tentara Suriah dan pasukan pendukungnya telah merebut kembali sekolah al-Hikmah di barat Proyek Apartemen 1070 dan barat akademi militer Aleppo. Mereka maju dan mengejar sisa-sisa teroris ke arah al-Rasyidin, dan menyebabkan puluhan orang tewas dan luka di barisan teroris.”

Dia menambahkan bahwa sekolah al-Hikmah tercatat sebagai titik strategis di Aleppo selatan, dan dengan menguasainya maka tentara Suriah berhasil menutup celah secara total di poros barat daya serta menguasai sepenuhnya banyak posisi di Aleppo selatan.

Selasa lalu tentara Suriah berhasil merebut kembali Proyek Apartemen 1070 setelah sebelumnya lokasi ini dikuasai kelompok teroris Jaish al-Fath melalui serangan besar mereka yang bersandi “Perang Besar Aleppo.”

Di bagian lain, tentara Suriah dan sekutunya memulai operasi militer di kawasan al-Mohammadiah, Ghouta Timur, Provinsi Damaskus, dan menyebabkan tewasnya seorang tokoh kelompok teroris Jaish al-Islam, Rabu.

Operasi ini menerjang kubu-kubu pertahanan kelompok bersenjata dan dilakukan secara mendadak bersamaan dengan kemajuan tentara Suriah di bagian barat daya kawasan pertanian al-Raihan.

Analis strategi Talib Zaifa mengatakan kepada al-Alam, “Pasukan Arab Suriah bermaksud menguasai kota Duma yang menjadi markas utama senjata-senjata artileri yang diluncurkan ke kota Damaskus.”

Sementara itu, Observatorium Suriah untuk HAM melaporkan sedikitnya 16 warga sipil tewas terkena serangan udara pasukan koalisi pimpinan AS di Haishah, sebuah desa dekat kota Raqqah.

Lembaga yang intensif memantau situasi perang Suriah ini juga menyebutkan bahwa korban meninggal bisa jadi akan bertambah karena ada korban luka yang kondisinya kritis. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL