suriah failaq shamAleppo, LiputanIslam.com – Kelompok “Failaq Shams”, salah satu kelompok yang terlibat dalam perang Jaish al-Fath melawan pasukan pemerintah Suriah, Pasukan Arab Suriah (SAA), beberapa hari lalu memublikasi rekaman video serangan mereka terhadap SAA dengan menggunakan rudal TOW di bagian selatan provinsi Aleppo.

Dalam video itu terlihat militan bertakbir dalam peluncuran rudal tersebut karena mengena dan menewaskan sejumlah pasukan, tapi kemudian diketahui bahwa yang terkena ternyata bukan anggota SAA, melainkan komandan dan sejumlah anggota kelompok teroris Jabhah al-Nusra.

Sebagaimana dilaporkan al-Alam, Kamis (9/6), dua hari setelah video itu dipublikasi para aktivis Suriah mengatakan bahwa Umar al-Daghestani, komandan terkemuka Jabhah al-Nusra, tewas akibat salah sasaran dalam serangan rudal Failaq Sham.

Bersamaan dengan ini, para simpatisan ISIS menuding Failaq Badr sengaja menyerang al-Daghestani. Mereka mengatakan, “Al-Daghestani bisa jadi sengaja dibunuh oleh Failaq Shams yang dicurigai mendapatkan dana dari Turki, apalagi al-Daghestani adalah amir pasukan Muhajirin dan Ansar yang telah berbaiat kepada al-Nusra beberapa bulan lalu, dan menolak memerangi Tandzim Daulah (ISIS).”

Situs Arabi21 menghubungi salah satu juru bicara Jabhah al-Nusra tanpa menyebutkan nama. Juru bicara itu membenarkan bahwa al-Daghestani bersama beberapa orang lain tewas akibat salah serangan.

Dia menjelaskan bahwa setelah pembebasan distrik Ma’ratah sekelompok pasukan Jabhah al-Nusra masuk ke sebuah desa hingga kemudian dipantau dan diserang oleh penembak rudal Failaq Sham karena dia tidak tahu bahwa desa itu sudah jatuh ke tangan pasukan Jabhah al-Nusra. Sebanyak enam orang, satu di antaranya Umar al-Daghestani, tewas akibat serangan itu.

Juru bicara Jabhah al-Nusra menepis dugaan terjadi ketegangan kelompok ini dengan Failaq Shams. Dia mengakui bahwa serangan itu bukan karena faktor kesengajaan, melainkan terjadi akibat ketidak tahuan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL