Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan operasi gabungan Irak menyatakan sebanyak 250 anggota kelompok teroris ISIS yang bersembunyi di dalam beberapa terowongan tertangkap di Mosul, Irak utara.

“Beberapa komandan ISIS juga bersembunyi dalam terowongan-terowongan itu,” ungkap pasukan tersebut, Sabtu lalu (15/7/2017), seperti dilansir al-Ahed dan dikutip IRNA.

Disebutkan bahwa mereka ketakutan kepada pasukan Irak sehingga bersembunyi di dalam terowongan setelah Mosul dibebaskan.

Sebelum kalah total, kawanan teroris ISIS yang tersisa terkepung di sebuah kawasan kecil di Mosul barat, dan sebagian di antara mereka mencoba untuk kebur ke wilayah Mosul timur dengan menyeberangi Sungai Tigris tapi kemudian tewas dihadang dan serang pasukan Irak.

Pada Minggu 9 Juli 2017 Mosul dinyatakan bebas sepenuhnya setelah tiga tahun diduduki ISIS sejak 2014. Kota kedua terbesar di Irak ini berhasil dibebaskan melalui operasi militer dan pertempuran pasukan Irak melawan ISIS yang berjalan selama sembilan bulan.

Selama 37 bulan bercokol di Irak kawanan teroris ISIS menguasai banyak provinsi di negeri 1001 Malam sehingga bahkan menjalar mendekati gerbang Baghdad. Tapi tentara, polisi, dan relawan sipil Irak kemudian bangkit melawan ISIS hingga gerombolan takfiri bengis ini kalah di semua provinsi.

Sejauh ini  ISIS masih bertahan di tiga kota kecil, yaitu Tal Afar di sebelah barat Mosul, Hawija di selatan Kirkuk, dan al-Qaim di bagian barat provinsi Anbar. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL