Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah yang didukung pasukan Hizbullah, dini hari Jumat (31/3/2017), mulai melancarkan serangan sengit di sejumlah front timur kota Duma, provinsi Damaskus, yang menjadi sarang utama kelompok pemberontak Jaish al-Islam.

Sumber militer yang berperang bersama tentara Suriah mengatakan kepada DPA bahwa tentara Suriah dan perlengkapan militernya dalam jumlah besar telah dikerahkan ke sisi timur kawasan pertanian al-Raihan di bagian timur Duma, dan Jumat kemarin mereka mulai melancarkan serangan untuk membebaskan kawasan pertanian ini dari pendudukan kelompok-kelompok bersenjata.

Sumber anonim ini mengatakan, “Kelompok-kelompok penyerbu Garda Republik Suriah dan Brigade al-Nujaba yang berafiliasi dengan Hizbullah merupakan pasukan utama dalam serangan yang ditujukan untuk mengepung kota Duma demi pembebasannya atau untuk penetapan syarat penyerahan diri terhadap para kombatan oposisi yang menguasainya.”

Kawasan pertanian al-Raihan yang terletak di 3 km timur kota Duma merupakan garis pertahanan terakhir pemberontak di kota ini sehingga pertempuran berkobar sengit antara mereka dan tentara pemerintah yang memulai serangan daratnya sejak enam hari lalu.

Pasukan Suriah di Duma masih bertempur dan belum mengalami kemajuan, namun di Hama, 213 utara Damaskus, mereka mengumumkan telah menguasai beberapa kawasan dan menimpakan banyak kerugian jiwa dan materi pada kawanan bersenjata.

Dalam empat hari terakhir kelompok Jabhat Tahrir al-Sham menderita kekalahan di bagian utara provinsi Hama sehingga sejumlah distrik dan desa jatuh ke tangan pasukan pemerintah yang mulai gencar menyerang dengan dukungan serangan udara jet-jet tempur Rusia. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL