Teheran, LiputanIslam.com –Tentara Iran telah memperingatkan dua kapal perang pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) pada hari pertama latihan tempur yang melibatkan pasukan darat, angkatan laut, dan udara di Iran selatan.

Latihan perang bersandi “Mohammad Rasulullah” ini dimulai Senin(22/1/2018) dengan instruksi Laksamana Muda Habibollah Sayyari, komandan Angkatan Darat  Iran.

Latihan itu digelar di kawasan seluas tiga juta kilometer persegi di wilayah selatan dan tenggara Iran, Pantai Makran, dan daerah lainnya di Teluk Oman, dengan melibatkan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya.

Selanjutnya, Laksamana Muda Sayyid Mahmoud Mousavi, juru bicara latihan tersebut, mengatakan bahwa dua kapal perang koalisi pimpinan AS yang mendekati lokasi latihan untuk melakukan pengintaian telah diidentifikasi oleh pesawat nirawak Iran.

Iran lantas mengirim pesawat patroli dan pengawasnya ke lokasi. Tanpa ada penjelasan lebih lanjut, disebut bagwa pesawat ini telah terbang di atas kapal perang tersebut sembari memperingatkan mereka agar menyingkir.

Mengenai jalannya latihan perang itu sendiri, Mousavi menjelaskan bahwa Angkatan Darat Iran telah menembakkan rudal Fajr 5 dan Nazeatat sebagai bagian dari latihan pertahanan pada hari pertama latihan.

Angkatan Bersenjata Iran secara berkala melakukan latihan perang untuk mempertahankan kesiapan pertahanan dan untuk memasukkan sistem senjata berteknologi baru. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*