iran saudi suriahTeheran, LiputanIslam.com –   Sebuah sumber di Iran menyatakan tidak benar berita yang beredar mengenai pertemuan trilateral Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Syarif dengan sejawatnya dari Suriah Walid al-Moallem dan sejawatnya dari Arab Saudi Adel al-Jubair di Muskat, ibu kota Oman. Demikian dilaporkan al-Monitor, Rabu (5/8), tanpa menyebutkan nama sumber itu.

Sebelumnya, beberapa media menyebutkan bahwa Arab Saudi menerima usulan Rusia supaya dibuka pintu dialog langsung antara Riyadh dan Teheran, dan usulan ini juga didukung oleh Amerika Serikat (AS).

Mengenai isu yang sama, koran al-Akhbar terbitan Lebanon menyebutkan tidak tertutup kemungkian ketiga menlu itu akan mengadakan pertemuan di Muskat.

Disebutkan bahwa situasi regional Timur Tengah sedang mengarah kepada tahap yang sangat krusial menyusul tercapainya kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara terkemuka dunia yang tergabung dalam P5+1.  Kesepakatan ini dinilai berpengaruh besar pada berbagai persoalan penting di kawasan ini.

Rusia sendiri belakangan terlihat sangat aktif mengupayakan penguraian kebuntuan politik seputar krisis Suriah sehingga kemudian dikabarkan mengupayakan pertemuan segi tiga Iran, Saudi dan Suriah. Dalam hal ini, Utusan Khusus PBB untuk urusan Suriah juga dilaporkan siap melakukan pertemuan-pertemuan untuk melicinkan upaya Dewan Keamanan PBB menyajikan peta jalan untuk kesefahaman politik.

Menurut al-Akhbar, pertemuan segi tiga lain, yaitu para menlu Rusia, AS dan Saudi,  juga sudah dilakukan belum lama ini di Qatar untuk membukakan pintu dialog antarpihak yang terlibat konflik di Suriah.

Untuk konteks yang sama, perundingan juga dilakukan antara Suriah dan Iran di Teheran dengan melibatkan Mikhail Bogdanov, utusan Presiden Suriah, Vladimir Putin. Sedangkan mengenai Saudi juga dikabarkan adanya kesepakatan awal Riyadh untuk memulai dialog.

Al-Akhbar juga menyebutkan bahwa Oman yang selama ini bersikap netral kembali dipandang oleh banyak negara sebagai pihak yang paling layak menjadi tuan rumah dialog. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL