Aleppo, LiputanIslam.com –  Sebuah rekaman video yang dipublikasi di berbagai situs Rusia memperlihatkan satu tentara Rusia menyatakan dirinya masuk Islam di kota Aleppo, Suriah, melalui pertemuannya dengan Mufti Chechnya, Salah-Haji Medjiyev, yang pekan lalu berkunjung ke Aleppo dan menunaikan shalat di Masjid Jami’ al-Umawi yang rusak parah akibat perang.

Dalam rekaman video yang diambil oleh seorang utusan media yang menyertai rombongan delegasi Chechnya itu terlihat seorang tentara Rusia yang disebut-sebut sebagai anggota polisi militer berulang-ulang menyebutkan dua kalimat syahadat di depan mufti Chechnya sebagai ungkapan bahwa dirinya telah masuk Islam.

Di medsos, rekaman ini mendapat beragam reaksi dan komentar. Ada yang menganggapnya hanya sekedar propaganda untuk mengharumkan citra Rusia di Suriah, tapi ada pula yang menyatakan bahwa rekaman ini memperlihatkan perbedaan Islam sejati dengan Islam radikal yang dianut oleh kelompok-kelompok teroris di Suriah.

Delegasi Chechnya, termasuk Medjiyev dan penasehat presiden negara ini, Adam Delimkhanov, telah berkunjung ke Aleppo pada 20 Januari lalu untuk meninjau kondisi kota ini setelah pasukan Suriah berhasil membebaskannya dari pendudukan kelompok-kelompok oposisi dan teroris.

Beberapa hari lalu Presiden Chechnya Alu Alkhanov menyatakan ada orang-orang Chechnya di barisan tentara Rusia di kota Aleppo, terutama di polisi militer Rusia. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL