soleimani di aleppoAleppo, LiputanIslam.com – Sebuah penggalan video singkat yang merekam kunjungan Komandan Brigade al-Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Mayjen Qassem Soleimani ke lokasi pasukan “Muqawamah Islam” di Aleppo, Suriah, telah beredar di dunia maya dan diunggah di situs berbagi video Youtube pada Rabu (30/12).

Dalam video yang hanya berdurasi 53 detik itu terlihat dia dielu-elukan oleh pasukan tersebut dengan pekikan-pekikan shalawat atas Nabi Muhammad saw dan keluarganya. Jenderal berambut dan bercambang putih itu terlihat bugar meskipun beberapa waktu lalu beredar rumor bahwa dia luka parah akibat serangan teroris di Irak, dan rumor itu kemudian dibantah oleh IRGC.

Dalam video tersebut terlihat dia yang mengenakan baju hitam naik ke atas kap mobil yang dikitari oleh sekumpulan pejuang Suriah. Saat hendak menyampaikan orasi, dia sempat terhambat akibat keriuhan orang-orang yang mengelu-elukannya. Dia baru berbicara setelah keriuhan mereda.

Uniknya lagi, dia yang berdarah dan berbahasa Persia itu ternyata cukup lancar dan fasih berbahasa Arab. Pada kesempatan itu dia mengatakan, “Insya Allah, ini baru permulaan aksi kita dalam rangka menyelematkan manusia, semua manusia yang ada di Suriah.”

Sayangnya, pengunggah video itu tidak menyebutkan kapan kunjungan itu terjadi.

Video itu dapat disaksikan di bawah ini:

Qasem Soleimani adalah komandan Pasukan Quds yang merupakan bagian dari pasukan elit Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC). Nama jenderal ini sangat popular di tengah masyarakat Irak dan Suriah karena banyak terlibat dalam pengaturan strategi perang melawan teroris di dua negara tersebut.

Fotonya pernah terpajang di sampul majalah Newsweek terbitan Amerika Serikat (AS) pada nomornya yang terbit 27 November 2014 disertai kalimat “Pertama Dia Perangi Amerika, Sekarang Dia Tumpas ISIS”.

Beberapa fotonya bersama relawan Irak dan pasukan Kurdi juga beredar tak lama setelah pembebasan kota Amirli, Irak, dari kepungan ISIS.
Keberadaannya di Suriah dan Irak dianggap banyak kalangan sangat berpengaruh dalam kekalahan pasukan ISIS di berbagai kawasan Suriah dan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL