isil iraqDamaskus, LiputanIslam.com – Gerilyawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIL) kembali terlibat kontak senjata sengit dengan pihak Front al-Nusra dan beberapa kelompok radikal sekutunya di Suriah. Kali ini baku tembak kedua pihak terjadi untuk memperebutkan sebuah fasilitas minyak Jafra dekat lapangan gas Conoco di provinsi Deir al-Zor di bagian timur Suriah. Tidak jelas pihak mana yang mengontrol ladang minyak Jafra. Laporan yang ada hanya menyebutkan bahwa pertempuran antara kedua pihak berlangsung sengit dan menimbulkan korban.

Di kawasan Deir al-Zor sendiri, menurut keterangan penduduk desa Tibni, juga terjadi pertempuran serupa antara ISIL di satu pihak dan Front al-Nusra yang berafiliasi dengan al-Qaeda, mengakibatkan banyak kerugian dari kedua belah pihak.

Jaringan berita televisi al-Alam Jumat (28/03) melaporkan, pertempuran untuk memperebutkan fasilitas minyak itu terjadi menyusul keberhasilan ISIL menguasai kembali desa strategis Busaira yang posisinya menghadap ke beberapa desa serta kota Mayadin dan beberapa ladang lapangan minyak.

ISIL sempat mundur dari Busaira sejak sekitar 45 hari sebelumnya. Rabu lalu terjadi pertempuran di Busaira antara Front al-Nusra dan sebagian anggota suku setempat ketika militan Front al-Nusra berupaya menangkap mantan anggota ISIL. Suku itu sendiri itu terpecah, sebagian terlibat kontak senjata dengan Front al-Nusra sedangkan sebagian lain tetap loyal pada kelompok ini.  Pertempuran ini menjatuhkan tujuh korban tewas di pihak al-Nusra, satu di antaranya berstatus komandan dan satu lagi ahli bahan peledak untuk wilayah Deir al-Zor. Selain itu, 18 militan al-Nusra juga ditawan. Sedangkan di pihak suku setempat jatuh korban dua orang.

Di provinsi Hassakeh, satu anggota ISIL asal Libya tewas dalam pertempuran dengan Front al-Nusra dan para ekstrimis sekutunya. Selain itu, di tempat lain di propinsi yang sama militan ISIL juga terlibat baku tembak dengan milisi Kurdi YPG mengakibatkan kerugian pada kedua pihak. ISIL terlibat kampanye anti kelompok-kelompok Kurdi dan Front al-Nusra. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL