Aleppo, LiputanIslam.com – Telah terjadi kontak senjata sengit antara Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya di satu pihak dan pasukan Perisai Furat yang terdiri atas pasukan Turki dan kelompok-kelompok militan oposisi Suriah di pihak lain di bagian timur provinsi Aleppo, Minggu sore (26/2/2017).

Kontak senjata ini terjadi setelah SAA berhasil mengalahkan ISIS di distrik Tadaf di sisi selatan al-Bab pada hari yang sama. SAA menyatakan sudah menguasai distrik ini sehingga untuk masuk ke Al-Bab mereka tinggal menempuh jalan raya yang menghubungkan Tadaf dengan Al-Bab.  Dilaporkan bahwa kontak senjata terus berlangsung hingga Minggu malam.

Sebelumnya, pasukan Arab Suriah (SAA) mengumumkan keberhasilannya menguasai Tadaf, dan dengan demikian mereka sudah berada di perbatasan kota Al-Bab.

Di pihak lain,  Kamis pekan lalu kubu oposisi Suriah yang didukung oleh tentara Turki mengaku telah menguasai Al-Bab secara penuh setelah mengalahkan kawanan teroris ISIS.

SAA dalam statemennya Minggu siang menyatakan, “Satuan-satuan pasukan kami bekerjasama dengan kelompok-kelompok pasukan mitra pada pagi hari ini telah memulihkan keamanan dan ketentraman di distrik Tadaf, tenggara Al-Bab, setelah menimpakan banyak kerugian personil dan perlengkapan perang pada ISIS.”

SAA menjelaskan bahwa kini posisi dan jarak mereka hanya tinggal sekira 2 km dari al-Bab, dan di Tadaf mereka sedang dalam proses penyapuan ranjau dan penjinakan bom-bom yang ditinggal oleh kawanan teroris ISIS di banyak bangunan maupun tempat-tempat terbuka.

SAA juga mengancam kubu oposisi yang disebutnya sebagai teroris.

“Kami akan terus berperang melawan kelompok-kelompok teroris dengan semua nama mereka sampai keamanan dan stabilitas dapat kembali ke setiap jengkal tanah Suriah,” tegas SAA. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL