TelAviv, LiputanIslam.com –  Jurnalis Israel Edy Cohen menunjukkan video kebersamaannya dengan seorang tokoh oposisi Suriah Issam Zeitoun yang sedang berkunjung ke Tel Aviv, ibu kota Israel. Dalam video ini terlihat Zeitoun menyampaikan pesannya kepada Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman agar berkunjung ke Israel dan mendatangi parlemen negara Zionis ini, Knesset.

Zeitoun juga memperkenalkan dirinya sebagai wakil kelompok oposisi Suriah, Pasukan Kebebasan Suriah (FSA), dan bahwa dia datang dari desa Beit Jin di Suriah selatan.

Seperti dilaporkan Rai al-Youm, Selasa malam (17/7/2018), dalam video yang dipublikasi oleh Cohen melalui akun Twitter-nya itu Zeitoun memuji Israel karena selalu menyerukan normalisasi hubungan dengan Arab, dan karena itu pula dia mengimbau para pemimpin Arab agar berkunjung ke Israel dan “mengenal hakikat bangsanya yang baik.”

Dia kemudian memuji Mohamed bin Salman dan memintanya melawat Israel untuk berbicara di Knesset.

“Dari hati saya sebagai warga Arab berpesan kepada Yang Mulia Mohamed bin Salman agar memenuhi undangan Knesset dan datang ke Israel untuk berbicara dan menyelesaikan perselisihan,” imbaunya.

Pada Juni 2016,  Zeitoun telah membangkitkan kontroversi di media Arab karena saat itu dia diketahui menghadiri “Konferensi Herzliyya untuk Keamanan Nasional Israel” selaku wakil FSA di front Suriah selatan.

Menurut Rai al-Youm, dalam beberapa tahun terakhir ini para tokoh oposisi Suriah “merebahkan diri ke pangkuan Israel”, dan berkunjung ke Israel sembari “mempromosikannya secara blak-blakan.”

Zeitoun mengimbau Bin Salman agar berkunjung ke Israel karena putra mahkota Saudi juga dikenal sebagai tokoh yang menginginkan normalisasi hubungan Arab dengan Israel, dan bersama Amerika Serikat (AS) juga telah getol menyokong kelompok-kelompok pemberontak dan teroris di Suriah untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad, satu-satunya pemimpin Arab yang secara konsisten menyatakan pantang berkompromi dengan Israel sehingga didukung penuh oleh Iran.  (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*