israel palestinaRamallah, LiputanIslam.com –
Satu pemuda Palestina gugur ditembak pasukan Zionis Israel di sebuah permukiman Zionis di utara kota Ramallah, Rabu (10/7). Situs berita Palestine Online melaporkan bahwa pemuda bernama Ahmad Hamid itu gugur syahid dalam bentrokan dengan pasukan Zionis.

Pihak Israel menyatakan pemuda ditembak mati setelah menyerang seorang tentara Zionis dengan senjata tajam.

Sementara itu, kantor berita Palestina, Wafa, melaporkan tiga pemuda Palestina lain yang menderita luka akibat tembakan pasukan Zionis dalam bentrokan di kawasan permukiman Bireh, Ramallah, Tepi Barat, telah dicokok oleh pasukan Zionis. Dalam peristiwa itu, puluhan massa Palestina mengalami cidera dan sesak nafas setelah pasukan Zionis berusaha membubarkan massa Palestina dengan tembakan gas air mata.

Pagi hari sebelumnya, seorang gadis Palestina juga dilaporkan gugur diterjang peluru pasukan Zionis di wilayah pendudukan Palestina.
Selama Rabu kemarin beberapa wilayah pendudukan juga dilanda bentrokan antara warga Palestina dan kaum Zionis, dan sedikitnya 40 orang Palestina ditangkap di wilayah Tepi Barat dan Baitul Maqdis.

Sumber-sumber Israel menyatakan tiga tentara Zionis terluka ketika berusaha membubarkan massa Palestina yang berunjuk rasa mengutuk tindakan kaum Zionis di Masjidil Aqsa.

Menurut kantor berita Palestina, Maan, sebanyak lebih dari seribu warga Palestina penduduk kota Yafa melancarkan aksi protes dengan berkonsentrasi di sebuah taman kota ini serta mengadakan longmarch di atas kendaraan.

Aksi itu kemudian berujung bentrokan dengan pasukan Zionis yang berusaha membubarkan massa dengan memuntahkan peluru serta melesatkan gas air mata dan bom suara, sementara massa Palestina berusaha membalas serangan itu dengan melemparkan batu dan bom molotov.

Maan menyebutkan bahwa eskalasi bentrokan dan kekerasan antara kedua pihak kian meluas di berbagai wilayah pendudukan Palestina, terutama Baitul Maqdis dan Tepi Barat, hingga tak terkendalikan lagi oleh rezim Zionis Israel.
Bentrokan yang terjadi selama beberapa terakhir ini di Baitul Maqdis dan Tepi Barat telah menjatuhkan beberapa syuhada dan puluhan korban luka.

Bentrokan dan kekerasan itu dipicu oleh serangan yang sering dilakukan kaum Zionis belakangan ini terhadap Masjidil Aqsa dengan maksud menerapkan jam dan lokasi kunjungan di komplek Masjidil Aqsa antara kaum Zionis dan warga Muslim Palestina. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL