Gaza, LiputanIslam.com – Sumber kesehatan Palestina menyatakan tiga orang Palestina gugur syahid, satu di antaranya setelah menderita luka parah, Jumat (6/4/2018), dalam kelanjutan dari bentrokan warga Palestina dengan pasukan Zionis Israel dalam unjuk rasa “Al-Awdah” (kembali ke kampung halaman) pada momen peringatan Hari Bumi Palestina yang terjadi Jumat pekan lalu (30/3/2018).

Tim ambulan Palestina menyatakan bahwa dua pengunjuk rasa gugur diterjang timah panas pasukan Zionis di bagian timur Jalur Gaza, dan satu lagi pemuda Palestina berusia 30 tahun menghembuskan nafas terakhir di hari yang sama setelah menderita luka parah ditembak oleh pasukan Zionis dalam insiden Jumat berdarah pekan lalu.

Sumber-sumber kesehatan Palestina di Gaza mencatat sebanyak 250 orang warga Palestina lainnya menderita luka dengan kondisi yang sebagian di antaranya parah, dan sebagian besar terkena peluru tajam.

Dengan demikian maka jumlah warga Palestina yang gugur syahid sejak awal aksi unjuk rasa akbar di dekat pagar pemisah Jalur Gaza dan Israel (Palestina pendudukan 1948) tersebut sampai sekarang mencapai 24 orang. Namun laporan lain menyebutkan bahwa jumlah syuhada Palestina Jumat kemarin empat orang sehingga total syuhada menjadi 25 orang.

Unjuk rasa lanjutan yang terjadi kemarin juga melibatkan massa dalam jumlah besar hingga puluhan ribu orang. Bentrokan bermula setelah warga Palestina menunaikan shalat Jumat di sekitar tenda-tenda konsentrasi yang mereka dirikan untuk penyelenggaraan unjuk rasa Al-Awdah.

Massa Palestina saat itu bergerak menuju pagar pemisah dengan maksud membuka penghalang yang menutupi para sniper Israel yang berada di balik pagar. Massa yang hanya berbekal bebatuan terlibat bentrok dengan pasukan Israel yang berbekal senjata api dan gas air mata.  Massa juga menggelar aksi antara lain dengan membakar banyak ban-ban bekas hingga menimbulkan asap di banyak titik. (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL