Irak's Victory

Irak’s Victory

Baghdad, LiputanIslam.com – Media Perang Irak melaporkan bahwa pasukan keamanan Irak yang berperang sengit melawan kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah memasuki pusat kota Hit, provinsi Anbar, Irak Barat, dan mengibarkan bendera negara ini di atas bangunan yang ada di sana. Bersamaan dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Amerika Serikat (AS) menyatakan banyak rakyat Irak menolak partisipasi AS dalam penumpasan terorisme.

“Para prajurit Pasukan Anti-Teror dan Brigade 73 Divisi 16 berhasil mencapai pusat kota Hit dan mengibarkan bendera Irak di atas bangunan di pusat kota ini. Pasukan inilah yang sekarang berada di pusat kota Hit,” ungkap Media Perang Irak, sebagaimana dilansir al-Sumaria News, Jumat (8/4)

Disebutkan pula bahwa pertempuran sengit terus berlanjut dan pasukan Irak berkobar dalam tekad untuk membebaskan seluruh bagian kota ini dan kawasan sekitarnya, sementara warga setempat berhasil dievakuasi dari kawasan-kawasan yang telah dibebaskan ke tempat yang lebih aman.

Penduduk yang masih tertinggi diminta supaya menjauhi semua posisi ISIS di kawasan yang tersisa karena lokasi-lokasi itu akan menjadi sasaran serangan udara Irak.

Tolak Partisipasi AS

Kemlu AS dalam sebuah laporannya telah mengungkapkan bahwa sepertiga rakyat Irak memandang AS sebagai pendukung teroris, termasuk ISIS, dan karena itu mereka menentang partisipasi AS dalam penumpasan ISIS.

“Sepertiga rakyat Irak berkeyakinan bahwa AS menyokong semua kelompok teroris, terutama ISIS, dan separuh rakyat Irak (baik Sunni maupun Syiah) menentang sepenuhnya partisipasi AS dalam bentuk apapun dalam perang melawan ISIS di negara mereka,” ungkap laporan itu, sebagaimana dilansir al-Quds al-Arabi yang berbasis di London.

Dalam laporan yang disusun oleh Kedutaan Besar AS untuk Irak itu juga disebutkan bahwa sesuai hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan di Irak, hampir 40 persen rakyat Irak meyakini AS bermaksud menciptakan kekacauan di Irak dan menguasai sumber daya alam negara ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL